Provinsi Gorontalo Diusulkan Jadi Ibu Kota Negara

Sabtu, 21 September 2019 - 18:34 WIB
Provinsi Gorontalo Diusulkan Jadi Ibu Kota Negara
Provinsi Gorontalo Diusulkan Jadi Ibu Kota Negara
A A A
GORONTALO - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo, mengusulkan Provinsi Gorontalo menjadi Ibu Kota Negara dengan beberapa alasan strategis. Setidaknya ada lima alasan kenapa KNPI mengusulkan Gorontalo sebagai Ibu Kota Negara

"Di antaranya, Gorontalo memiliki sejarah daerah lebih awal merdeka, tepatnya pada tanggal 23 Januari 1942. Dibuktikan dengan pemberian penghargaan oleh Pemerintah Pusat kepada Nani Wartabone sebagai pahlawan Nasional," ujar Ketua DPD KNPI Provinsi Gorontalo Ghalieb Lahidjun, dalam keterangan pers, Sabtu (21/9/2019).

Kemudian, Gorontalo adalah satu-satunya daerah luar pulau Jawa yang memiliki tokoh nasional sebagai Presiden RI, yaitu Almarhum Prof Dr Ing BJ Habibie. Selain itu, Gorontalo merupakan daerah adat yang memegang teguh falsafah adat bersendikan syara' dan syara' bersendikan kitabullah.
Provinsi Gorontalo Diusulkan Jadi Ibu Kota Negara

"Maka Gorontalo memiliki karakter dan basic value di dalam pranata sosial, sehingga kekuatan itulah yang menjadi modal dasar di dalam membangun Ibu Kota Negara, sekaligus menjaga kesinambungan nasional," terang Ghalieb.

Ghalieb menambahkan, kultur masyarakat Gorontalo yang terbuka dengan perbedaan menjadi modal dalam menjaga, merawat dan mempertahankan kebhinekaan. Sekaligus menjadi minatur keberagaman kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemindahan Ibu Kota Negara di Provinsi Gorontalo, juga mendorong percepatan dan kemajuan serta pemerataan pembangunan di bagian timur Indonesia secara khusus.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)