alexametrics

Kekeringan, Pemkab Lamandau Distribusikan Air Bersih di Dua Kecamatan

loading...
Kekeringan, Pemkab Lamandau Distribusikan Air Bersih di Dua Kecamatan
Warga Desa Bina Bhakti mengantre untuk mendapatkan air bersih, yang didistribusikan oleh Pemkab Lamandau, Selasa (17/9/2019).
A+ A-
LAMANDAU - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma mendistribusikan air bersih untuk warga di sejumlah desa di dua kecamatan yang terdampak Kekeringan.

Distribusi air bersih tersebut sebagai respons cepat pemerintah daerah atas keluhan masyarakat, yang sejak dua bulan terakhir mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

"Sejak Sabtu 14 September 2019, kita salurkan air bersih ke sejumlah desa di dua kecamatan di Lamandau," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Selasa (17/9/2019).



Ia menegaskan, sementara ini pemerintah daerah baru mendistribusikan air bersih untuk warga desa, di kecamatan Bulik dan Sematu Jaya.

Dalam satu hari, sekitar 10 tangki berkapasitas 4.000 liter air baik milik PDAM Tirta Dharma, RSUD Lamandau maupun Damkar silih berganti menyalurkan air ke sejumlah titik.

Untuk mempermudah akses distribusi air ke masyarakat, ditentukan titik distribusi dan nantinya masyarakat berkumpul di satu tempat untuk mengambil air sesuai kebutuhannya.

"Untuk mempermudah distribusi, kita tentukan titik distribusinya, nanti masyarakat berkumpul disatu titik tersebut untuk mendapatkan air," ujarnya.

Sikap responsif pemerintah daerah mendapat apresiasi dari masyarakat, yang selama dua bulan ini menghadapi kelangkaan mendapatkan air bersih.

Mereka mengatakan, sumur-sumur warga dan anak sungai di sejumlah desa di dua kecamatan tersebut saat ini sudah kering dan tidak mengeluarkan air lagi.

"Langkah sigap pemkab dalam membantu air bersih kami apresiasi, dan kami warga desa sangat berterima kasih karena distribusi air bersih ini sangat membantu kami," ujar Suwartono, warga Desa Bina Bhakti, Kecamatan Sematu Jaya. [KS]
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak