alexametrics

Wakil Bupati Sleman Kukuhkan Girikerto Jadi Sentra Industri Susu Kambing Etawa

loading...
Wakil Bupati Sleman Kukuhkan Girikerto Jadi Sentra Industri Susu Kambing Etawa
Wakil Bupati Sleman mengukuhkan pengurus kelompok sentra susu kambing etawa Girikerto di Kemirikebo, Girikerto, Turi, Sleman, Selasa (17/9/2019). SINDOnews/Priyo Setyawan
A+ A-
SLEMAN - Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengukuhkan Desa Girikerto, Kecamatan Turi, sebagai sentra industri susu kambing etawa, Selasa (17/9/2019). Pengukuhan ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi industri susu kambing di Girikerto serta mempermudah akses permodalan dan pemasaran hasil produksi.

Sri Muslimatun mengatakan potensi pasar susu kambing masih terbuka lebar. Namun potensi tersebut masih perlu pengembangan terutama sosialisasi pada masyarakat.

“Saat ini kebanyakan orang lebih familiar dengan susu sapi. Karenanya masih perlu sosialisasi khasiat susu kambing bagi kesehatan pada masyarakat,” katanya saat pengukuhan Girikerto sebagai sentra industri susu kambing, Selasa (17/9/2019).



Muslimatun berharap, dengan pengukuhan sentra ini akan semakin meningkatkan dan mengoptimalkan pengembangan potensi industri susu kambing di Sleman khususnya di Girikerto.

“Keberadaan senta industri susu kambing ini saya harapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk menggugah minat generasi muda untuk berpartisipasi di dalamnya. Hal ini tidak lain agar generasi muda mampu menciptakan lapangan kerja sendiri,” harapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Sleman, Tri Endah Yitnani menambahkan, pengukuhan ini juga untuk menguatkan manajemen kelompok, meningkatkan proses pengolahan dan penjaminan mutu olahan pangan, kapasitas produksi olahan pangan, promosi dan pengembangan standarisasi, sertifikasi serta akses permodalan.

Termasuk untuk penguatan kelembagaan sebagai pengungkit eksistensi dari pelaku usaha pengolahan susu kambing. “Industri kecil sekarang harus bisa bersaing dengan daerah lain, sehingga penguatan akses dan modal serta pemasaran adalah hal yang pokok,” tambah Endah.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak