Kabut Asap Kian Pekat, Dinkes Kobar Dirikan Rumah Singgah Oksigen

Senin, 16 September 2019 - 16:26 WIB
Kabut Asap Kian Pekat, Dinkes Kobar Dirikan Rumah Singgah Oksigen
Kabut Asap Kian Pekat, Dinkes Kobar Dirikan Rumah Singgah Oksigen
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Kabut asap di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, semakin hari semakin pekat. Sejumlah aktivitas warga Pangkalan Bun mulai terganggu, sekolah mulai diliburkan, perekonomian lesu, dan penerbangan terganggu.

Untuk mengantisipasi warga yang kekurangan oksigen saat beraktivitas di luar ruangan, Dinas Kesehatan Kobar pada Senin (16/9/2019) pagi mulai mendirikan rumah singgah oksigen.

“Ini atas instruksi pusat, untuk sementara kita buat rumah singgah di area Dinkes Kobar. Hari ini juga kita sudah menyurati seluruh puskesmas untuk mendirikan rumah singgah oksigen juga,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, Dinkes Kobar, HA Sulkan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/9/2019).

Sulkan menjelaskan, berdasarkan data yang ia miliki, dalam dua bulan terakhir sudah ada sekitar 4.000 orang terkena ISPA. “Mayoritas berumur 1-19 tahun. Sebab anak anak sangat rentan terkena ISPA karena kebanyakan menghirup asap,” katanya.

Dia menjelaskan, jika ada warga yang membutuhkan oksigen bisa langsung menatangi kantor Dinkes di Jalan Tjilik Riwut 2, Pangkalan Bun. “Untuk sementara kita buka di jam kantor saja. Pagi sampai sore. Dan nanti ada petugas jaga yang akan melayani secara gratis,” sebutnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4050 seconds (0.1#10.140)