alexametrics

Kunjungan Jokowi Batal, Masyarakat di Pulau Nias Kecewa

loading...
Kunjungan Jokowi Batal, Masyarakat di Pulau Nias Kecewa
Ribuan masyarakat se-Kepulauan Nias yang sudah hadir di Nias Selatan untuk menyambut kedatangan Presiden RI kecewa setelah memperoleh batal berkunjung. (Foto/Iman Lase/iNews TV)
A+ A-
NIAS - Ribuan masyarakat se-Kepulauan Nias yang sudah standby di Nias Selatan (Nisel) untuk menyambut kedatangan Presiden RI kecewa setelah memperoleh informasi terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal berkunjung ke Nias dalam acara Sail Nias.

Padahal sejumlah persiapan penyambutan Presiden telah disiapkan di Desa Budaya Bawomataluo. Masyarakat dari beberapa kabupaten/kota yang ada di Pulau Nias membawa keluarga berkunjung ke Nisel untuk menyaksikan acara Sail Nias yang rencana dibuka langsung oleh Presiden RI. Namun akhirnya masyarakat menuai kekecewaan karena Jokowi batal hadir, Jumat (13/9/201).

Pj Kades Bawomataluo, Hansmartin Wau kepada sejumlah wartawan mengatakan, persiapan masyarakat dalam menyambut kedatangan Jokowi kurang lebih 3 Minggu terakhir ini sudah cukup maksimal.



"Beberapa Minggu terakhir, siang dan malam masyarakan melakukan persiapan mulai penataan Desa Bawomataluo baik dari sisi kebersihan, keamanan bahkan penyambutan Jokowi dalam bentuk Tari Perang dan Lompat Batu serta pemberian anugerah gelar adat semua sudah disiapkan. Hal itu sebagai antusias masyarakat Nias dalam menyambut kedatangan Jokowi," ujarnya.

Dia mengatakan, kerinduan masyarakat untuk bertemu langsung dengan Presiden Jokowi tidak bisa terukur. Mudah-mudah Pak Jokowi bisa mempertimbangkan kembali soal kunjungannya di Pulau Nias.

"Dengan harapan minimal Presiden Jokowi meluangkan waktu setidaknya satu hingga dua jam menginjakkan kaki di Desa Budaya Bawomataluo untuk bertemu sapa dengan masyarakatnya," harap Wau.

Menkumham Yasona Laoly melelui temu pers di media center Mekominfo di Dermaga Baru Telukdalam menjelaskan, bahwa Presiden RI Jokowi telah membatalkan kunjungannya ke Nias dalam acara Sail Nias.

"Saat ini kita sedang berkabung secara nasional sehingga Presiden RI tidak bisa hadir. Karena salah seorang tokoh nasional yang negarawan juga sebagai ilmuan yang mumpuni Pof Dr BJ Habibie Presiden ke-3 RI telah mendahului kita," ujar Yasona.

Dengan itu kata dia, Presiden Jokowi sudah menugaskan Menko Maritim untuk datang ke Nias, Sabtu (14/9) bersama beberapa menteri lainya menghadiri acara Sail Nias.

Acara puncak Sail Nias baik acara surfing maupun rangkaian acara lainnya yang dilaksanakan di Pulau Nias dan secara umum di Sumut diharapkan dapat sukses dan berjalan dengan baik.

Terkait penganugrahan gelar adat kepada Jokowi yang sudah disiapkan di desa Budaya Bawomataluo, Menkumham mengatakan, pihaknya akan berkumpul bersama para tokoh untuk membicarakannya, pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak