alexametrics

Dalam Enam Jam, Gunung Merapi Tujuh Kali Muntahkan Lava Pijar

loading...
Dalam Enam Jam, Gunung Merapi Tujuh Kali Muntahkan Lava Pijar
Dalam enam jam terakhir, Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar sebanyak 7 kali, Jumat (13/9/2019). Foto/Dok.
A+ A-
YOGYAKARTA - Dalam enam jam terakhir, Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar sebanyak 7 kali. Dari pantauan CCTV yang dipasang di puncak Merapi menunjukkan sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 12. 00 WIB, Merapi mengeluarkan lava pijar 7 kali.

Lava pijar teramati menuju arah kali Gendol. "Jarak luncur lava pijar antara 500 meter hingga 1.100 meter," terang Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida kepada Sindonews, Jumat (13/9/2019).

Hanik menjelaskan, setelah 7 kali muntahkan lava pijar, Gunung Merapi kembali tenang. Periode pengamatan pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, tidak teramati adalah guguran lava keluar dari puncak gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah tersebut. "Lava pijar dan awan panas adalah ciri khas Merapi. Jadi Merapi masih aman dan status waspada atau level II," katanya.



Dari sisi kegempaan, BPPTKG juga mencatat 12 kali gempa guguran dengan amplitudo antara 5 sampai dengan 37 mm dan durasi antara 36 hingga 112 detik. "Jarak aman Merapi masih pada radius 3 km dari puncak Merapi. Masyarakat diminta tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa dan mengindahkan rekomendasi BPPTKG," pungkasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak