alexametrics

Rumah Keluarga Alm BJ Habibie di Gorontalo Bakal Dijadikan Cagar Budaya

loading...
Rumah Keluarga Alm BJ Habibie di Gorontalo Bakal Dijadikan Cagar Budaya
Salah satu rumah orang tua Almarhum BJ Habibie, Presiden ke 3 RI yang ada di Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, siap dijadikan situs cagar budaya. Foto SINDOnews/Sabrin M
A+ A-
GORONTALO - Salah satu rumah orang tua Almarhum BJ Habibie, Presiden ke 3 RI yang ada di Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, siap dijadikan situs cagar budaya. Demikian dikatakan Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Kamis (12/09/19) malam usai tahlilan di rumah jabatan Wali Kota.
Rumah Keluarga Alm BJ Habibie di Gorontalo Bakal Dijadikan Cagar Budaya

"Alasan Pemerintah Kota Gorontalo siap menjadikan rumah keluaraga alamrhum BJ Habibie, sebagai situs cagar budaya, karena rumah tersebut sangat bersejarah. Selain menjadi tempat tinggal keluarga almarhum, rumah itu menjadi saksi tempat dimana almarhum disunat," ungkap Marten.

Memang benar, kata Marten, tempat kelahiran almarhum BJ Habibie, itu di Sulawesi Selatan. Tetapi, almarhum memasuki masa remaja secara islami itu di Gorontalo, tepatnya di Rumah di Kelurahan Tamalate.

"BJ Habibie kecil, dulu tinggal di rumah tua itu. Kami sangat kenal rumah keluarga Habibie tersebut. Karena banyak kenangan indah di rumah tersebut, bahkan setiap almarhum ke Gorontalo, pasti mendatangi rumah orangtuanya," ungkap Marten.



Sampai dengan sekarang tambah Marten, bahwa rumah panggung tua ini, dirawat oleh keluarga BJ Habibie yang ada di Gorontalo.

"Untuk menjadikan rumah ini sebagai situs cagar budaya, secepat mungkin kami akan menyurat ke Pemerintah Pusat, termasuk menobatkan almarhum sebagai Pahlawan Nasional," tutur Marten.

Bukan hanya itu tambah Marten, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan menjadikan nama BJ Habibie, sebagai nama jalan.

"Untuk penetapan nama jalan, kami akan lihat jalan mana yang sesuai dengan ketokohan almarhum, supaya bisa dikenang banyak orang," pungkas Marten.
(sms)
preload video
BERITA DAERAH LAINNYA
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak