alexametrics

Protes Reklamasi, Ratusan Nelayan Serbu Kantor Pelindo 1

loading...
Protes Reklamasi, Ratusan Nelayan Serbu Kantor Pelindo 1
Ratusan nelayan yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Nelayan Korban Reklamasi Kota Medan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pelindo 1. SINDOnews/Andi
A+ A-
MEDAN - Ratusan nelayan yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Nelayan Korban Reklamasi Kota Medan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pelindo 1, Jalan Pelabuhan Raya, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Kamis (12/9/2019).

Ratusan nelayan itu membawa spanduk bertuliskan penolakan terhadap dilakukannya reklamasi di Perairan Belawan. Masyarakat nelayan menyebutkan reklamasi untuk pelebaran Pelabuhan Belawan telah merusak alur perlintasan kapal nelayan. Selain itu, massa mendesak agar Pelindo 1 menyelesaikan persoalan yang berdampak bagi masyarakat nelayan.

"Stop reklamasi. Kami sebagai nelayan telah dirugikan dengan alur baru, karena alur belum layak untuk dilintasi kapal nelayan. Pelindo harus bertanggung jawab," ujar orator, Wahyu Kurnia.



Massa dari keluarga nelayan juga menuntut tali asih yang telah disalurkan Pelindo tidak tepat sasaran. Mereka meminta agar penyaluran tali asih terhadap dampak reklamasi untuk diverifikasi ulang.

"Kami ini nelayan, penyaluran tali asih yang sebelumnya banyak yang menyalahi. Ada yang bukan nelayan menerima tali asih, kami ingin ini diusut kembali. Akibat reklamasi ini tidak bisa melaut, kami minta agar dicek ulang mana yang benar nelayan dan bukan nelayan," ungkapnya.

Aksi protes itu berlangsung damai dengan pengawalan ketat dari personel Polres Pelabuhan Belawan di bawah pimpinan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak