alexametrics

Ridwan Kamil Berencana Abadikan Nama BJ Habibie di Jawa Barat

loading...
Ridwan Kamil Berencana Abadikan Nama BJ Habibie di Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Istimewa
A+ A-
BANDUNG - Sebagai bentuk penghormatan terhadap Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf Habibie, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana mengabadikan namanya.

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, dirinya berencana mengabadikan nama BJ Habibie sebagai nama bangunan monumental di Jawa Barat yang identik dengan inovasi dan kecerdasan.

"Nanti kita cari sesuatu yang relevan dengan beliau (BJ Habibie). Beliau itu kan identiknya dengan inovasi dan kecerdasan," ungkap Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (12/9/2019).



Sebagai bentuk penghormatan lain terhadap sang cendikiawan itu, lanjut Emil, dirinya juga sudah mengimbau warga Jawa Barat dan perkantoran untuk menaikkan bendera setengah tiang.

Lebih jauh Emil mengatakan, sosok BJ Habibie sendiri sangat dekat dengan Jabar, khususnya Kota Bandung. Selain pernah berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB), BJ Habibie juga pernah bersekolah di SMAK Dago Bandung.

Selain itu, ide BJ Habibie di bidang industri banyak melahirkan peninggalan yang berharga bagi Indonesia hingga saat ini, seperti PT Dirgantara Indonesia dan PT Pindad yang keduanya berlokasi di Kota Bandung.

Emil pun mengaku bahwa dirinya sering berdiskusi dan meminta nasihat dari BJ Habibie. Nasihat yang paling diingat adalah tentang pentingnya membagi ilmu yang dimiliki. Emil mengaku, sebagian semangat hidupnya berdasarkan nasihat yang diberikan BJ Habibie.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak