alexametrics

Brimob Temukan Bendera Merah Putih Peninggalan Jepang di Pedalaman Fakfak Papua Barat

loading...
Brimob Temukan Bendera Merah Putih Peninggalan Jepang di Pedalaman Fakfak Papua Barat
Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara yang di Bawah Kendali Operasi (BKO) kan di Polres Fakfak Polda Papua Barat menemukan bendera merah putih peninggalan Jepang. Foto iNews TV/Surahman
A+ A-
FAKFAK - Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara yang di Bawah Kendali Operasi (BKO) kan di Polres Fakfak Polda Papua Barat menemukan bendera merah putih peninggalan Jepang. Kondisi fisik bendera merah putih peniggalan saat perang zaman Jepang itu pun masih awet dengan jahitan tangan.

Bendera tersebut diserahkan Raehan Kabes warga Kampung Patimburak, Distrik Kokas Kabupaten Fakfak, Papua Barat setelah menemukannya di sebuah goa dan baru sekitar 8 bulan lalu. Bendera tersebut diserahkan langsung kepada Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara AKBP XTL Nadeak.

Menurut AKBP XTL Nadeak, pasukannya berada di Fakfak sejak 21 Agustus 2019 lalu saat kerusuhan terjadi.



“Saat melaksanakan fungsi patroli jarak jauh sampai ke kampung yang ada di Kabupaten Fakfak, Papua Barat ada warga yang melapor dan menyerahkan bendera merah putih peninggalan Zaman Jepang,” kata dia.

Berdasarkan penuturan tokoh adat dan warga pada saat perang dunia kedua dilarang keras menyimpan apa lagi mengibarkan bendara Merah Putih. Oleh karena itu disimpan dalam goa dan baru ditemukan kembali sekitar 8 bulan lalu.

“Tapi bendera ini dikibarkan pertama kali pada peringatan HUT RI ke 74 tanggal 17 Agustus 2019 lalu. Namun saat bendera merah putih tersebut diberikan ke aparat, warga yang menyerahkannya sempat kerusupan dan berteriak teriak merdeka-merdeka,” tandasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak