alexametrics

Gratiskan Biaya SMA dan SMK, Pemprov Jabar Perlu Dana Rp778 Miliar

loading...
Gratiskan Biaya SMA dan SMK, Pemprov Jabar Perlu Dana Rp778 Miliar
Rencana Pemprov Jawa Barat membebaskan iuran bulanan siswa SMA, SMK, dan SLB diapresiasi Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BANDUNG - Rencana Pemprov Jawa Barat membebaskan iuran bulanan siswa SMA, SMK, dan SLB diapresiasi Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat. Untuk menggratiskan biaya SPP, Pemprov Jawa Barat perlu mengeluarkan sekitar Rp778 miliar.

Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan mengatakan, rencana Pemprov Jawa Barat membebaskan iuran bulanan untuk SMA/SMK dan SLB dapat meringankan beban orang tua siswa. Bila iuran SPP SMA/SMK/SLB ditanggung Pemprov Jabar, dana yang dibutuhkan sekitar Rp778 miliar lebih.

Dengan estimasi, ada tiga tipe besaran iuran SPP yang didasarkan atas klasterisasi, mulai dari Rp150.000 hingga Rp200.000 per siswa. Sementara beban untuk siswa SLB sekitar Rp500.000.



"Kami akan sangat memberikan apresiasi kepada Pemprov Jabar bila program ini di laksanakan, setidaknya sudah ada inisiatif baik dari pemprov meringankan biaya pendidikan bagi orang tua siswa," timpalnya.

Saat ini, rata-rata SPP yang dikeluarkan siswa di daerah perkotaan antara Rp200.000 hingga Rp500.000 per bulan. Seperti di Kota Bandung, Depok, Bekasi, Bogor, dan lainnya. Sementara untuk daerah antara Rp75.000 hingga Rp150.000 per bulan. Seperti di Pangandaran, Ciamis, Garut, dan lainnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak