alexametrics

Ceceran Batu Bara Cemari Pantai, Mata Pencaharian Nelayan Aceh Terancam

loading...
Ceceran Batu Bara Cemari Pantai, Mata Pencaharian Nelayan Aceh Terancam
Tumpahan dan ceceran batu bara yang mencemari pantai di Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Foto: Afsah/iNews TV
A+ A-
ACEH BARAT - Tumpahan dan ceceran batu bara yang mencemari pantai di Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, mulai berdampak buruk. Selain mengancam ekosistem laut, nelayan di Aceh mengeluhkan berkurangnya hasil tangkapan.

Tumpahan dan ceceran batu bara masih terlihat mengotari keindahan pantai. Akibat tumpahan batu bara milik dua perusahaan ini, tak hanya mengancam ekosistem laut namun juga mengancam mata pencaharian sejumlah nelayan di wilayah itu.

Para nelayan mengeluhkan menurunnya hasil tangkapan semenjak aktivitas batu bara mulai mencemari pantai. Tumpahan batu bara milik dua perusahan ini sudah berlansung selama sepekan terakhir.



Muklis, salah satu perangkat Desa Peuanga Pasie yang ditemui Sabtu (7/9/2019), mengatakan, warganya sangat berharap tumpahan batu bara tersebut secepatnya dibersihkan, sehingga tidak berdampak terhadap aktivitas nelayan. Apalagi sebagian besar masyarakat di daerah tersebut mengandalkan laut sebagai sumber mata pencaharian sehari-hari.

Sebelumnya, akibat tercemarnya laut ini Pemerintah Aceh Barat telah menyurati sejumlah perusahaan yang menggunakan tambang batu bara, agar segera melakukan pembersihan. Namun hingga kini di sepanjang pantai di kawasan Desa Peunaga Pasi dan Peunaga Cut Ujong, masih terlihat ceceran bongkahan batu bara.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak