alexametrics

Prihatin! 1 Keluarga di Cirebon Tinggal di Rumah Tak Beratap dan Nyaris Ambruk

loading...
Prihatin! 1 Keluarga di Cirebon Tinggal di Rumah Tak Beratap dan Nyaris Ambruk
Rumah tak layak huni di Cirebon menunggu sentuhan dan perhatian pemerintah setempat. Foto/Toiskandar
A+ A-
CIREBON - Sebuah keluarga dengan dua anak kecil di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat hidup dalam kondisi memprihatinkan. Mereka tinggal di rumah peninggalan orang tua yang nyaris ambruk dimakan usia, Sabtu (31/8/2019).

Bahkan lebih dari 60% bangunan yang dihuni enam orang tersebut sudah tidak memmiliki atap. Kondisi ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Sepintas dari depan, rumah yang dihuni Widi Prasetya di Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon ini tidak memiliki kerusakan berarti. Rumah peninggalan orang tua yang dihuni Widi bersama istri dan dua anaknya serta dua adiknya itu tampak seperti rumah pada umumnya.



Namun, kondisi memprihatinkan akan tampak saat memasuki dan mengelilingi rumah yang hanya menyisakan satu kamar tidur tersebut. Bagian belakang hingga ke tengah sudah ambruk termakan usia.

Bahkan sebagian besar bangunan sudah tak memiliki atap dan hanya menyisakan puing bangunan yang ambruk. Widi bekerja sebagai buruh serabutan sejak dua tahun lalu.
Prihatin! 1 Keluarga di Cirebon Tinggal di Rumah Tak Beratap dan Nyaris Ambruk

Dia bersama Siti Khodijah istrinya mengaku terpaksa tetap menempati rumah yang rawan ambruk, lantaran ketiadaan biaya untuk memperbaiki maupun mengontrak. Ia bersama istri serta dua anaknya tidur di kamar yang saat hujan akan selalu banjir.

Sedangkan dua adiknya, tidur di ruang tamu yang sekaligus menjadi tempat penyimpanan perabotan lapuk berikut ternak.

Ketua RT 01 Nurani menyebutkan, dengan kondisi yang memprihatinkan ini pemerintah belum memberikan perhatian khusus untuk membangun rumah agar layak huni. Meski telah berulang kali disurvei untuk perbaikan, hingga kini berlum ada realisasi pembangunannya.

Widi dan keluarganya berharap pemerintah mau turun tangan dan memperbaiki kondisi rumahnya agar lebih layak untuk ditempati.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak