alexametrics

Dinas PUPR Kotamobagu Datangi Sumber Mata Air Bersih Bambe’an di Upai

loading...
Dinas PUPR Kotamobagu Datangi Sumber Mata Air Bersih Bambe’an di Upai
Lokasi mata air Bambe'an yang terletak di perkebunan milik warga Kelurahan Upai, Jumat (30/8/2019). Foto Ist
A+ A-
KOTAMOBAGU - Tim teknis perencanaan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kotamobagu akhirnya turun melakukan survei lokasi mata air Bambe'an yang terletak di perkebunan milik warga Kelurahan Upai, Jumat (30/8/2019).

Kedatangan tim terkait rencana pembangunan jaringan air bersih di Kotamobagu sehingga masyarakat di sana tidak lagi mengalami krisis air jika kemarau datang.

Kepala Seksi (Kasi) PLP dan Air Minum Dinas PUPR Kotamobagu, Zanti Arfa menjelaskan untuk perencanaan selanjutnya, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pemilik tanah.



“Kami masih akan berkoordinasi dengan pihak pemilik tanah karena masih ada survei lanjutan yang akan dilakukan, yakni jaringan serta ketinggian air,”ujarnya.

Menurut Zanti, dipilihnya mata air Bambe’an Upai sebagai lokasi sumber mata air sebab dari sisi ketersediaan sudah teruji.

“Kualitas cadangan mata air bambe'an aman, karena sudah teruji pascakemarau yang terjadi beberapa tahun lalu, airnya tidak surut,”jelasnya.

Zanti menjelaskan, estimasi anggaran yang akan digunakan nanti untuk pembuatan Broncaptering atau bangunan penangkap sumber air baku, menurutnya sekitar Rp200 juta

“Perkiraan anggaran kurang lebih 200 jutaan, untuk pembuatan bangunan penangkap sumber mata air baku. Ini di luar dari anggaran instalasi jaringan,”ujarnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Kelurahan Upai Dado Laoh yang juga wakil ketua LPM Kelurahan Upai mengatakan masyarakat Kelurahan Upai pada umumnya sangat berterima kasih kepada Pemkot Kotamobagu karena sudah mendengarkan keluhan warga upai yang selama ini yang jadi persoalan warga terutama soal air.

Dado juga mengatakan, warga Upai tidak akan keberatan dengan pembuatan Broncaptering asalkan air yang mengalir melalui Kelurahan Upai jangan dibawa ke kelurahan atau desa lain ungkapnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak