alexametrics

Nasdem dan Demokrat Berjaya, Pimpin Sementara DPRD Morowali

loading...
Nasdem dan Demokrat Berjaya, Pimpin Sementara DPRD Morowali
Nasdem dan Demokrat Berjaya, Pimpin Sementara DPRD Morowali
A+ A-
BUNGKU - Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah dan Peresmian Anggota DPRD Kab. Morowali Periode 2019-2024 yang digelar Rabu, (28/08/2019), juga menetapkan pimpinan DPRD sementara, yaitu Kuswandi dari Partai Nasdem dan Syarifudin Hafid dari Partai Demokrat.

Di hadapan Rapat paripurna, Sekretaris DPRD Kab. Morowali, Patmawati membacakan penetapan pimpinan sementara DPRD Morowali berdasarkan Surat Sekretaris DPRD Kab. Morowali Nomor: 170.1/167/Set-DPRD/VIII/2019 tentang Penetapan Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Morowali Tahun 2019, tanggal 28 Agustus 2019.

Menurut Sekretaris DPRD, Patmawatipenetapan pimpinan DPRD sementara ini berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh Partai Politik Nasdem dan Demokrat sebagai partai dengan suara terbanyak pertama dan kedua hasil Pemilu 2019.



Sesuai dengan Keputusan KPU Kab. Morowali Nomor: 116/PL.01.9-KPT/7206/KPU-Kab/VIII/2019 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kab. Morowali Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, tanggal 10 Agustus 2019.

Melalui Surat Keputusan Nomor: 014-SK/DPW-NASDEM-Sulteng/VIII/2019 tentang Penempatan Jabatan Ketua Sementara DPRD Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2019-2024 dari Partai Nasdem, tanggal 24 Agustus 2019, dan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Tengah Nomor: 44/SK/DPD-PD/VIII/2019 tentang Penunjukan Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Morowali Periode 2019-2024, tanggal 16 Agustus 2019. Kedua surat tersebut, akhirnya menetapkan Kuswandi sebagai Ketua Sementara dan Syarifudin Hafid sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Kab. Morowali untuk Periode 2019-2024.

“Melalui kedua surat keputusan yang telah disampaikan oleh Partai Nasdem dan Partai Demokrat kepada sekretariat DPRD, maka DPRD mengeluarkan surat keputusan penetapan ketua sementara. Jadi, apa yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD konstitusional, sehingga memiliki kekuatan legitimasi yang kuat”, kata Patmawati ketika dikonfirmasi oleh Pengelola PPID, Diskominfo, Kab. Morowali.

Setelah pembacaan surat keputusan, dilanjutkan dengan serah terima pimpinan DPRD, dari Pimpinan DPRD Periode 2014-2019 kepada Pimpinan DPRD Sementara Periode 2019-2024. Secara resmi, penyerahan pimpinan DPRD melalui serah terima Palu Sidang, dari Irwan Arya kepada Kuswandi, dan penyerahan risalah sidang dari Irene Ilyas kepada Syarifudin Hafid.

Setelah menerima palu sidang, Kuswandi kemudian melanjutkan rapat paripurna dengan memberikan pidato sebagai Ketua DPRD Sementara. Dalam pidatonya, Kuswandi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan DPRD dan seluruh anggota DPRD Periode 2014-2019 yang telah memberikan yang terbaik guna menjalankan amanah dari masyarakat Morowali selama 5 tahun. Kiranya apa yang diperbuat akan menjadi cacatan ibadah selama bertugas, sehingga mendapat berkah.

“Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Pimpinan DPRD Periode 2014-2019 serta seluruh anggota DPRD, yang telah menunjukkan dedikasi yang tinggi selama bekerja 5 tahun, semoga dapat diteruskan oleh anggota DPRD Periode 2019-2024 sebagai bentuk estafet kelembagaan, sehingga amanah yang diberikan masyarakat dapat ditunaikan”, kata Kuswandi membacakan pidato tertulisnya.

Menutup rapat paripurna, Kuswandi menegaskan akan mewujudkan lembaga legislatif yang berpikir konstruktif dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan serta menciptakan kemitraan yang baik dengan eksekutif dalam mewujudkan masyarakat Morowali yang sejahtera bersama. Hal penting ditegaskan, untuk memastikan berjalannya fungsi legislatif yang equal dalam menjalankan fungsi kontrol bagi jalannya roda pemerintahan di daerah.

“Perlu saya tegaskan, lembaga legislatif akan selalu menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan secara konstruktif, sehingga pola hubungan antara eksekutif dan legislatif akan bersifat equal dalam menjalankan fungsi kontrol bagi jalannya pemerintahan di daerah dalam mewujudkan masyarakat sejahtera bersama”, tegas Kuswandi pidatonya.
(atk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak