Presiden Jokowi Puji Progress Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta

Kamis, 29 Agustus 2019 - 13:21 WIB
Presiden Jokowi Puji Progress Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta
Presiden Jokowi Puji Progress Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta
A A A
KULONPROGO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji perkembangan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (29/8/2019). Presiden yang datang bersama ibu negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri, berharap bandara ini menjadi pintu gerbang bagi wisatawan mancanegara.

“Ini pembangunan airport yang cepat. Cepat sekali. Kalau ini sudah selesai, akan ada direct flight ke sini. Di sini ada ruang yang besar,” katanya.

Menurut Jokowi, bandara ini akan mampu menampung hingga 20 juta penumpang, jauh lebih besar dibandingkan Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang hanya mampu menampung 1,8 juta penumpang saja.

“Ini bandara yang besar sekali, terminalnya (luas) total 219 meter persegi. Kalau dari 1,8 juta menjadi 20 juta itu kan lompatan besar. Berapa kali,” ujarnya.

Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta ditargetkan selesai Desember 2019 dan dihubungkan dengan kereta api. Pada Maret 2020 direncanakan sudah beroperasi penuh dan sudah terhubung dengan kereta api dan jalan tol. “Lebaran sudah full 100%, semuanya akan terkoneksi,” terang Jokowi.

Bandara Internasional Yogyakarta akan mampu menampung pesawat berbadan besar dan berat. Apalagi memiliki kualitas runway yang bagus dan padat. Nantinya akan ada penambahan slot penerbangan yang besar untuk menarik turis dari luar negeri datang.

Presiden tiba dengan menggunakan pesawat kepresidenan dan langsung mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta. Begitu turun, dari pesawat, presiden disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Arif Yahya, beserta Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwo X. Ikut hadir Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menseskab Pramono Anung.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7448 seconds (0.1#10.140)