alexametrics

Kebakaran Lahan di Pesisir Danau Tondano Minahasa

loading...
Kebakaran Lahan di Pesisir Danau Tondano Minahasa
Petugas pemadam dan masyarakat bahu membahu memadamkan api yang membakar area pesisir danau Tondano. Foto/Ist
A+ A-
MINAHASA - Kawasan pesisir Danau Tondano, yang berdekatan dengan lokasi wisata Benteng Moraya Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) tadi siang (28/8/2019) terbakar. Daerah yang dilalap api hampir mencapai satu hektare.

Kabid Darlog BPBD Minahasa, Alex Dotulong menjelaskan petugas pemadam kebakaran yang menurunkan 1 unit kendaraan pemadam kebakaran dan 11 personel, langsung turun ke lokasi kejadian. "Mereka berupaya melakukan pemadaman api yang mulai menjalar ke salah satu rumah warga yang dekat dengan lokasi kebakaran," ujarnya, Rabu (28/8/2019).

Hampir dua jam petugas pemadam dibantu masyarakat hingga akhirnya berhasil memadamkan api di lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.



Menurut Alex, Pemerintah Kabupaten Minahasa menghimbau warga agar waspada pads ancaman kebakaran lahan di musim panas ini. Apalagi Rabu hari ini telah terjadi kebakaran di dua lokasi di Kabupaten Minahasa."Kebakaran juga terjadi di daerah Desa Sawangan, Kecamatan Tombulu dan di Kecamatan Tondano Barat," katanya.

Informasi terakhir sebanyak 1 unit damkar Minahasa masih melakukan penyiraman di Sawangan Kecamatan Tombulu. Sedangkan satu unit lagi menuju Lota Desa Kali untuk melakukan penyiraman lahan, tempat sampah dan 1 unit sementara penyiraman lahan di Togela.

"Jadi total 3 unit yang bergerak di 3 tempat berbeda dan sementara berjuang memadamkan api. Sementara 1 unit standby di mako damkar area Tondano," pungkasnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak