Meski Pandemi, 10 Perusahaan di KBB Tetap Open Recruitmen

Selasa, 25 Agustus 2020 - 13:55 WIB
loading...
Meski Pandemi, 10 Perusahaan di KBB Tetap Open Recruitmen
Kepala Disnakertrans KBB Iing Solihin didampingi Kabid Pelayanan, Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3TKT) Ati Indrawati. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Sejumlah perusahaan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap melakukan open recruitmen karyawan baru meskipun di tengah kondisi pandemi COVID-19. Kondisi itu menunjukkan jika pandemi tidak hanya berimbas kepada adanya pekerja yang diberhentikan akibat perekonomian melemah, tapi peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga tetap terbuka.

"Sejak bulan Maret hingga Agustus ini, tercatat ada 10 perusahaan besar di KBB yang justru mencari pekerja (open recruitmen) untuk berbagai posisi. Itu menandakan di saat pandemi COVID-19, peluang pekerjaan masih ada," ucap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB Iing Solihin di Ngamprah, Selasa (25/8/2020). (Baca: Pandemi Mengungkap Pekerjaan Masa Depan yang Menjanjikan, Ini daftarnya)

Iing menyebutkan dari total 10 perusahaan tersebut, berdasarkan data yang masuk ke pihaknya tercatat ada total 132 posisi lowongan kerja. Itu belum termasuk peluang bekerja di proyek strategis yang saat ini masih dalam tahap pembangunan, seperti IKEA Kota Baru Parahyangan yang membutuhkan 300 pekerja, proyek kereta cepat, dan yang lainnya.

Menurutnya, warga lokal KBB tentunya akan menjadi prioritas dalam pengisian pegawai tersebut. Hal ini sejalan dengan keinginan dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan jalinan kemitraan antara Disnakertrans dan perusahaan yang ada di KBB untuk lebih mendahulukan warga lokal. Kecuali untuk tenaga-tenaga ahli yang memang sulit dicari bisa saja mencari dari luar.

"Ini menjadi peluang dan harus dimanfaatkan oleh warga KBB. Serta menjadi tantangan bagi kami untuk menyiapkan SDM tenaga kerja siap pakai sesuai kebutuhan di lapangan," ucap Iing yang didampingi Kabid Pelayanan, Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3TKT) Ati Indrawati.

Disebutkannya, 10 perusahaan besar yang menyiapkan informasi lowongan adalah PT Medion 4 orang, Sanbe Farma 1, PT Indofood 7, Medion 8, dan paling besar PT Parahyangan Golf Bandung 100 orang. Kemudian PT Adonasi Alfa Omega 4 posisi, PT Sumber Indah Lestari 1, PT Beton Elemindo Perkasa 3, PT Beton Elemen Persada 3, dan Yayasan Darul Hikam 1. (Baca: Pandemi Covid-19 Malah Jadi Peluang bagi Bisnis LUCK)

Disnakertrans KBB, lanjut Iing, akan terus melakukan pendataan lowongan pekerjaan di seluruh perusahaan yang ada di KBB. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk link and match antara pemerintah daerah dan perusahaan. Serta guna menghindari penipuan lowongan kerja yang banyak tersebar di media sosial. "Silahkan datang ke kantor untuk mencari informasi lowongan kerja, kami akan bantu salurkan sesuai minat dan klasifikasi," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6345 seconds (0.1#10.140)