alexametrics

Wujud Syukur Kemerdekaan, Pemkot Jambi Gelar Semarak Merah Putih

loading...
Wujud Syukur Kemerdekaan, Pemkot Jambi Gelar Semarak Merah Putih
Semarak Merah Putih dalam rangka peringatan Kemerdekaan RI 2019, berlangsung meriah bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi, Minggu (25/8/2019).
A+ A-
JAMBI - Sebagai wujud rasa syukur atas 74 tahun nikmat kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia, Pemerintah Kota Jambi menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan bernuansa nasionalisme.

Puncaknya adalah Semarak Merah Putih dalam rangka Peringatan ke-74 Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, yang berlangsung meriah bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota Jambi, Minggu (25/8/2019).

Berbagai keseruan tercipta, saat Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, Wakil Wali Kota Maulana, jajaran Forkompimda Kota Jambi, serta ASN Pemkot Jambi, berbaur bersama masyarakat, beraktivitas bersama, bergembira, bersuka cita merayakan kemerdekaan Indonesia dengan berbagai perlombaan seru dan menarik.



Mulai dari sepak bola sarung, lomba tangkap bebek, makan kerupuk, joget balon, balap karung, tangkap belut, balap kelereng, estafet tepung, hingga panjat pinang. Bahkan tampak Wali Kota Jambi Syarif Fasha, Wakil Wali Kota Maulana dan jajaran Forkompimda Kota Jambi, serta Kepala OPD Pemkot Jambi, turut ambil bagian ikut berlaga pada perlombaan sepak bola mini bersarung.

Pada laga eksebisi tersebut, tim yang dikomandoi oleh Wali Kota Fasha, sukses mencukur habis tim Kepala OPD Pemkot Jambi dengan skor telak, 7-0. Tidak hanya itu, Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, bersama Ketua GOW Kota Jambi Hj. Nadiyah juga tidak mau ketinggalan beraksi mengikuti lomba tangkap bebek dan lomba makan kerupuk.

Rangkaian acara Semarak Merah Putih diawali dengan senam bersama, "Senam Merah Putih" yang dipusatkan di kawasan Tugu Keris Siginjai Taman Pedesterian Jomblo Kotabaru. Suasana pagi di Tugu Keris Siginjai dan Lapangan Utama Balaikota Jambi tampak semarak, karena masyarakat kompak mengenakan pakaian bernuansakan spirit nasionalisme, serba merah putih.

Sebelumnya, rangkaian puncak acara HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019 di Kota Jambi juga diisi dengan hiburan rakyat, pertunjukan atraksi seni dan musik masyarakat yang berlangsung di lokasi Car Free Night (CFN) Sabtu (24/8/2019).

Acara rutin setiap akhir pekan di Kawasan CFN Tugu Keris itu, yang kali ini diawaki oleh Kecamatan Pasar Jambi dan Paal Merah itu, sukses menghibur masyarakat yang memadati kawasan malam tanpa kendaraan di Kota Jambi itu. Bahkan, CFN Semarak HUT RI kali ini, meriah dengan kejutan hadirnya salah satu artis penyanyi Ibu Kota yang berasal dari Kota Jambi, yaitu Azmi.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha pada acara Semarak Merah Putih pagi itu menyampaikan bahwa, acara yang diinisiasi sejak dirinya menjabat Wali Kota Jambi itu memiliki kandungan nilai yang dapat membangkitkan jiwa nasionalisme dan cinta Tanah Air.

"Kegiatan yang rutin kita laksanakan setiap tahun pada bulan kemerdekaan Indonesia ini sarat dengan makna yang dapat menggugah jiwa nasionalisme masyarakat. Selain sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia, kegiatan ini juga mampu membangkitkan kembali dan melestarikan rasa nasionaliame masyarakat, melalui berbagai permainan rakyat yang memiliki nilai perjuangan. Semoga dengan kita berkumpul bersama, kita menyatukan masyarakat, bergembira bersama memaknai kemerdekaan Indonesia. Mudah-mudahan kegiatan ini menghibur masyarakat Kota Jambi," pungkas Wali Kota Jambi dua periode itu.

Semarak Merah Putih di Kota Jambi tahun ini makin meriah dengan hadirnya hadiah utama 1 unit sepeda motor yang disponsori oleh Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Jambi. Sebanyak 160 tim panjat pinang dari berbagai kelurahan dalam wilayah Kota Jambi, gigih berlomba dan berjuang memperebutkan hadiah utama dalam 3 fase, yaitu tahap penyisihan, semi final, dan puncak final.

Pada babak final, Wali Kota Fasha bersama jajaran Forkompimda Kota Jambi, tampak langsung menyemangati 5 tim yang berlomba memperebutkan meraih hadiah utama tersebut.

Momentum kegiatan Semarak Merah Putih di Kota Jambi tahun ini juga dirangkai dengan pembagian kantong belanja nonplastik berulang pakai gratis bagi seluruh masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut. Kantong belanja tersebut merupakan bantuan CSR dari salah satu pelaku usaha di Kota Jambi, yaitu PT Rimba Palma Sejahtera.

Diharapkan dengan adanya kantong belanja ini dapat mengurangi sampah kantong plastik di Kota Jambi yang memang sudah mulai dilarang dan dibatasi. Selain itu juga membentuk budaya baru masyarakat agar peduli lingkungan dan diet plastik dimulai dari kegiatan berbelanja.

Tidak hanya itu pada kesempatan pagi itu juga Panitia Semarak Merah Putih Kota Jambi menggratiskan berbagai kuliner yang memang selama ini berjualan di seputaran Tugu Keris Siginjai yang dapat dinikmati oleh masyarakat yang hadir.

Panitia yang di komandoi Kepala BPPRD Kota Jambi, Subhi telah menyediakan hadiah sepeda motor dan sejumlah hadiah menarik lainnya bagi masyarakat yang hadir dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

M. Subhi juga menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut tidak menggunakan sepeserpun dana APBD Kota Jambi namun sukses terlaksana berkat partisipasi berbagai pihak.

"Kegiatan ini murni tidak sepeserpun menggunakan dana APBD Pemkot Jambi, semua bersumber dari partisipasi berbagai pihak yang tidak mengikat dan merasa terpanggil untuk memeriahkan puncak perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ini. Contohnya, hadiah 1 unit motor untuk lomba panjat pinang, berasal dari komunitas Ikatan Motor Besar Indonesia, IMBI Jambi yang di ketuai oleh Bapak Wali Kota, H. Syarif Fasha," jelasnya.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak