alexametrics

Tiang Perlengkapan Audio Kemah Budaya Nasional Rubuh, 1 Siswa Meninggal Dunia

loading...
Tiang Perlengkapan Audio Kemah Budaya Nasional Rubuh, 1 Siswa Meninggal Dunia
Tiang perlengkapan audio untuk pembukaan kegiatan Kemah Budaya Nasional di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat rubuh menimpa kerumunan siswa dan guru menyebabkan satu orang meninggal dunia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
PADANG PANJANG - Tiang perlengkapan audio untuk pembukaan kegiatan Kemah Budaya Nasional di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat rubuh menimpa kerumunan siswa dan guru. Akibatnya lima orang tertimpa tiang. Seorang di antaranya peserta atas nama Rara Rizkyatul Hanif (12) meninggal dunia.

Tiang penyangga perlengkapan audio untuk pembukaan Kemah Budaya Nasional di Lapangan Khatib Sulaiman, Bancah Laweh itu roboh sekitar pukul 8.30 WIB, Minggu (25/8/2019) siang. Kejadian berawal saat petugas event organizer memasang perlengkapan panggung dan beberapa peralatan audio sound system untuk pembukaan kegiatan Senin pagi.

Di saat bersamaan puluhan murid dan guru peserta kemah sedang melaksanakan gladi bersih di sekitar panggung. Tiba-tiba, tiang-tiang besi menara rubuh menimpa lima murid serta guru SD Negeri 03 Guguak Malintang yang berada di sekitarnya.



Satu orang di antaranya Rara Rizkyatul Hanif (12) tewas di tempat. Sementara empat korban lainnya, Niesya Defina Putri (11), Tiara Afririani (28), dan Afrirona (27) luka-luka, dibawa ke Rumah Sakit Yarsi, Padang Panjang.

Kapolsek Padang Panjang, AKP Yuhendri kepada media menyebutkan insiden ini terjadi murni akibat kelalaian petugas karena rubuh saat dikerjakan. Pihak kepolisian telah memasang garis polisi di sekitar lokasi dan memeriksa sejumlah saksi untuk penyelidikan lebih lanjut. Sementara hingga Minggu sore, korban luka sebagian telah dirujuk ke RSUD Padang Panjang dan ke RS Kartika Padang.

Kemah Budaya Nasional di Padang Panjang diselengarakan 26 hingga 30 Agustus 2019. Dalam pembukaan yang dijadwalkan pada Senin 26 Agustus 2019 akan ditampilkan tarian massal yang melibatkan 2.220 siswa SD hingga SMA di Padang Panjang untuk memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak