Baku Tembak dengan Tim Gabungan, Pria Bersenjata di Jayawijaya Papua Tewas

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 10:56 WIB
Baku Tembak dengan Tim Gabungan, Pria Bersenjata di Jayawijaya Papua Tewas
Baku Tembak dengan Tim Gabungan, Pria Bersenjata di Jayawijaya Papua Tewas
A A A
WAMENA - Tim gabungan TNI-Polri baku tembak dengan pria bersenjata di Pasar Terminal Jibama, Jumat (23/8/2019) siang. Pria yang belum diketahui identitasnya itu akhirnya terpaksa dilumpuhkan karena melepaskan tembakan kepada aparat dan mengenai paha anggota polisi bernama Ipda Iwan saat diajak dialog.

Peristiwa itu bermula saat tim gabungan usai melakukan apel gabungan di Kantor Bupati Jayawijaya yang dipimpin Dandim 1702/JWY Letkol Inf Arief Situmeang. Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan apel bersama dalam rangka menciptakan suasana damai di wilayah Jayawijaya.

"Saat melintasi Pasar Terminal Jibama, pukul 10.30 WIT, rombongan dihentikan oleh masayarakat yang lari berhamburan ke arah jalan meninggalkan lokasi terminal. Ternyata di terminal tersebut ada seorang lelaki bersenjata sedang bersembunyi dalam mini bus berwarna hijau," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto.

Kemudian Dandim, Kapolres serta Danyonif 756/WMS segera berkoodinasi singkat utk mengatasi pria yang bersembunyi dalam sebuah mobil minibus berwarna hijau tersebut.

Kapolres berusaha persuasif untuk mengajak melalui pengeras suara, namun tidak dihiraukan. Saat pria tersebut keluar mobi, malah menembakkan senjatanya sebanyak empat kali ke arah petugas dan melukai Ipda Iwan dibagian paha. "Kemudian Danyonif 756 dan Dandim beserta anggotanya langsung melumpuhkan pria tesebut dari jarak 70 meter," sebutnya.

Sesaat Setelah situasi dapat diatasi, Danyonif 756/WMS, Mayor Inf Arif B Situmeang memimpin pembersihan area TKP, pemeriksaan Kendaraan minibus yg ditumpangi pria bersenjata itu serta penyisiran seluruh area pasar. "Dari hasil pembersihan diperoleh 1 pucuk senjata jenis Revolver no AE.S030105, 7 butir munisi, 1 unit laptop, 1 unit HP dan pria bersenjata tewas di tempat. Keseluruhan barang bukti tersebut diserahkan Danyonif 756/WMS kepada Kapolres Jayawijaya untuk dilakukan pengusutan lebih lanjut," pungkasnya.

Saat ini situasi Wamena sudah kembali normal. TNI-Polri masih melakukan pengamanan dan penjagaan di beberapa titik, guna mengantisipasi kemungkinan masih adanya orang tak dikenal di sekitar Kota Wamena.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)