alexametrics

Upacara HUT ke-74 RI di Tabanan Bali Bernuansa Nusantara

loading...
Upacara HUT ke-74 RI di Tabanan Bali Bernuansa Nusantara
Upacara HUT ke-74 RI di Kabupaten Tabanan, Bali kali ini terbilang unik karena diwajibkan memakai pakaian khas dari berbagai daerah. Foto/Ist
A+ A-
TABANAN - Upacara HUT ke-74 RI di Kabupaten Tabanan, Bali kali ini terbilang unik dan istimewa. Setiap OPD diwajibkan memakai pakaian khas dari berbagai daerah.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, memimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74, di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan, Provinsi Bali, Sabtu lalu (17/8/2019).

Seluruh peserta apel mengenakan pakaian khas daerah masing-masing. Apa yang dilakukan Pemkab Tabanan ini sejalan dengan Upacara HUT RI yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.



Selaku Inspektur Upacara, Bupati Eka terlihat anggun mengenakan pakaian kebaya berbalut bawahan kain ndek merah, selaras dengan selendang merahnya. Bertindak sebagai komandan upacara, Kapten Inf I Wayan Supardi dari TNI. Detik-detik proklamasi dibacakan oleh I Nyoman Arnawa, yang juga selaku Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tabanan.
Upacara HUT ke-74 RI di Tabanan Bali Bernuansa Nusantara

Terlihat ratusan peserta apel yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat sangat khidmat mengikuti apel. Puncaknya saat pengibaran bendara merah putih oleh Paskibraka yang merupakan siswa-siswi terbaik SMA/SMK di Kabupaten Tabanan. Mereka tampak berwibawa dan penuh semangat mengibarkan bendera Merah Putih.

"Ini enjoy banget, fun banget, rasa kedaerahan, rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi, rasa nasionalis itu semakin dibangkitkan," kata Bupati Eka dalam siaran persnya.

Bupati Eka menyatakan, dengan memakai pakain adat yang bernuansa nusantara ini menimbulkan suatu kebanggaan menjadi Bangsa Indonesia.

Meski harus memilih baju daerah yang harus dipakai, Bupati Eka mengatakan itu bukanlah hal susah, namun dia menyatakan banyak makna dan manfaat yang didapat.

"Yang penting rasa nasionalisme kita tumbuh. Itu besar sekali manfaatnya untuk kita. Indonesia itu Negara yang kaya raya banget yang punya harta luar biasa, khususnya seni dan budaya yang harus kita cintai. Kalau bukan kita yang mencintai, siapa lagi," tandasnya.
Upacara HUT ke-74 RI di Tabanan Bali Bernuansa Nusantara

Salah satu Kepala OPD yang saat itu ikut mendampingi Bupati Eka mengatakan sangat bangga mengenakan pakaian itu. Meskipun awalnya sempat bingung harus mencari pakaiannya dimana, namun karena rasa cintanya dia rela menyewa pakaian tersebut.

Turut hadir pada Upacara itu, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tabanan I Nyoman Arnawa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, instansi vertikal dan BUMD di lingkungan Pemkab Tabanan, para pejuang kemerdekaan (veteran), dan pejabat OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak