Mantan Pejuang Papua Merdeka Apresiasi HUT RI di Yongsu Sapari

Minggu, 18 Agustus 2019 - 00:32 WIB
Mantan Pejuang Papua Merdeka Apresiasi HUT RI di Yongsu Sapari
Mantan Pejuang Papua Merdeka Apresiasi HUT RI di Yongsu Sapari
A A A
JAYAPURA - Mantan pejuang Pergerakan Papua Merdeka wilayah Kampung Yongsu Sapari Distrik Raveni Rara Kabupaten Jayapura, Papua, mengapresiasi perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke -74 yang digelar dikampung itu Sabtu (17/8/2019).

Hermanus Sorondanya, mantan pejuang Papua Merdeka era 1990-an mengaku senang dengan kali pertama upacara kemerdekaan dikampung itu.

"Kami sangat senang dengan perayaan ini. Upacara bendera HUT Kemerdekaan baru pertama kali dilakukan, dan antusias warga disini sangat baik untuk itu,"kata Hermanus Sorondanya, Sabtu (17/8/2019).

Terlebih kata dia, dalam perayaan HUT Kemerdekaan itu ada perlombaan meriah yang diprakarsai oleh Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi).

"Ini sangat baik ya. Perayaan HUT Kemerdekaan kita rasakan juga dengan adanya berbagai perlombaan. Jadi rasa cinta tanah air, dan rasa memiliki bangsa ini tumbuh dengan kegembiraan seperti ini," ucapnya.

Dirinya menyinggung terkait adanya kelompok yang masih berbeda idiologi. Dikatakannya, Papua sudah final dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Papua sudah final dalam NKRI, jadi saatnya bukan lagi mempermasalahkan idiologi, tapi sama-sama mendorong pembangunan Papua kearah yang lebih baik," kata Hermanus.

Dalam perayaan tersebut, berbagai perlombaan yang digelar meliputi rajut noken, lomba kuliner lokal, dan berbagai lomba untuk anak-anak SD dan SMP.

Selain itu juga dilakukan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan aksi donor darah kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jayapura.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5272 seconds (0.1#10.140)