4 Polisi Korban Terbakar Diganjar Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 17:54 WIB
4 Polisi Korban Terbakar Diganjar Kenaikan Pangkat Luar Biasa
4 Polisi Korban Terbakar Diganjar Kenaikan Pangkat Luar Biasa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Poisi Tito Karnavian menjenguk Ipda Erwin Yudha Wildan yang tengah menjalani perawatan di RS Polri Kramatjati. Erwin personel Bhabinkamtibmas Polsek Kota Cianjur itu dirawat akibat mengalami luka bakar ketika mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa. Akibat insiden itu, Erwin mendapatkan luka bakar hingga 64% di sekujur tubuhnya.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan, kunjungan tersebut merupakan bentuk dukungan Polri kepada personelnya yang menjalankan tugas penuh tanggung jawab. “Itu adalah bentuk dukungan moral dari pimpinan bagi personel Polri yang menjalankan tugas dengan dedikasinya yang luar biasa serta pengabdian yang tulus,” kata Iqbal di Mabes Polri, Kamis 16 Agustus 2019.

Iqbal menambahkan, selain dukungan moral tersebut, Polri juga memberikan penghargaan kepada Erwin berupa kenaikan pangkat luar biasa setingkat lebih tinggi dari pangkat semula. “Selain Erwin, penghargaan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi juga diberikan kepada tiga personel lain yang ikut terlibat dalam pengamanan aksi itu,” ungkap jenderal bintang dua itu.

Ketiga personel yang disebut Iqbal itu adalah Briptu Fransiskus Aris Simbolon, Briptu Muhammad Yudi Muslim dan Briptu Anif Endaryanto. Diketahui Erwin mengalami luka bakar ketika mencoba memadamkan api dari ban bekas yang disulut oleh aksi mahasiswa di Cianjur, Jawa Barat.

Insiden yang mencelakakan Erwin itu bermula saat mahasiswa di Cianjur melakukan unjuk rasa untuk menyuarakan aspirasi berkaitan dengan evaluasi pengangguran atau sedikitnya lapangan pekerjaan serta pendidikan di Kabupaten Cianjur. Gagal menemui pimpinan daerah yang dimaksud, para pengunjuk rasa itu melakukan aksi bakar ban sekaligus menutup arus lalu lintas di Jalan Siliwangi.

Erwin, anggota kepolisian yang saat itu tengah mengawal jalannya aksi unjuk rasa, berusaha memadamkan ban terbakar. Namun, tanpa diduga ada oknum mahasiswa yang melemparkan bahan bakar minyak dari arah belakang sehingga api menyambar tubuh Erwin dan beberapa rekannya.

Menyaksikan peristiwa itu, sejumlah orang di lokasi kejadian berupaya memadamkan api dengan air dari gelas-gelas air mineral dan alat seadanya. Diduga tubuh Erwin terkena cipratan bahan bakar yang dilempar sehingga api dengan cepat membakar.

Kepala RS Polri Kramat Jati Brigjen Musyafak di RS Polri Kramat Jati mengatakan menyebut Erwin menderita luka bakar hampir di seluruh tubuh, dari tangan hingga kaki. Dari pemeriksaan tim dokter bedah plastik disampaikan, Erwin ini luka bakar 64%.

“Hampir semuanya, jadi muka, kemudian kedua tangan, kedua kaki dari ujung kaki sampai paha, dan sebagian dada. Jadi dinilai ada 64%,” kata Musyafak di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Musyafak menambahkan selain itu Erwin juga mengalami trauma inhalasi karena menghirup udara panas api, sehingga bisa saja terjadi pada mukosa pernapasan. Sejauh ini menyusul insiden itu polisi telah mengamankan 15 orang mahasiswa dari Kelompok Cipayung Plus yang melakukan aksi demo sekaligus memeriksa penanggung jawab aksi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7972 seconds (0.1#10.140)