BPBD Sumsel Dapat Tambahan Helikopter untuk Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Rabu, 14 Agustus 2019 - 17:36 WIB
BPBD Sumsel Dapat Tambahan Helikopter untuk Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan
BPBD Sumsel Dapat Tambahan Helikopter untuk Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan
A A A
PALEMBANG - Untuk operasional penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), kembali mendapat tambahan satu unit helikopter. Helikopter baru AS 350 PK DAM digunakan untuk melakukan patroli udara.

"Jadi akan ada satu helikopter dan pesawat Cessna Grand Caravan PK RJV untuk patroli udara," ujar Kepala Bidang Penanggulangan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori saat diwawancarai SINDOnews di ruang kerjanya, Rabu (14/08/2019).

Dengan adanya tambahan satu helikopter dari BNPB, kata Ansori, setidaknya ada enam helikopter dan satu pesawat yang akan dikerahkan untuk melakukan penanganan karhutla di Sumsel. Sebelumnya BPBD Sumsel telah memiliki lima helikopter water bombing, antara lain Mi8 RA 22583, Mi8 RDPL 34140, Mi8 RDPL 34230, KAMOV UR -CIO, dan Mi8 RA 2274. Kelima helikopter tersebut mampunyai kapasitas daya angkut air mencapai 4.000 liter.

Menurutnya, lima unit helikopter akan digunakan untuk melakukan water bombing karhutla di Sumsel. Sedangkan satu helikopter dan pesawat, akan digunakan untuk melakukan patroli udara untuk memantau karhutla yang ada di Sumsel. "Helikopternya sudah datang dan siap untuk melakukan patroli udara kapan pun bila dibutuhkan," tandasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4757 seconds (0.1#10.140)