alexametrics

ACT DIY Potong 95 Kambing Kurban di Kulonprogo

loading...
ACT DIY Potong 95 Kambing Kurban di Kulonprogo
ACT DIY bersama Global Qurban menyembelih 95 ekor kambing untuk dibagikan kepada warga Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. (Foto/Suharjono/SINDOnews)
A+ A-
KULONPROGO - Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY bersama Global Qurban menyembelih 95 ekor kambing untuk dibagikan kepada warga Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Penyembelihan hewan kurban dimulai sejak pagi pukul 08.30 WIB, dan dibantu oleh masyarakat Banjarasri.

Perwakilan ACT DIY Nasrudin mengatakan, sebanyak 95 kambing kurban tersebut disembelih oleh jagal profesional. Setelah penyembelihan, proses pengulitan hingga pencacahan dibantu warga sekitar.

"Selain warga, para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) juga turut membantu. Mereka menyiapkan hewan dari peternakan hingga dikirim ke lokasi penyembelihan," terangnya, Minggu (11/8/2019).



Dijelaskannya, kambing yang disembelih untuk wilayah Provinsi DIY berasal dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Blora, Jawa Tengah. Pengiriman dilakukan sejak tiga pekan lalu yang kemudian ditampung serta dirawat di kandang ternak Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Hingga mendekati masa hari raya Idul Adha, hampir seribuan kambing kurban kemudian dikirim ke lokasi penyembelihan di berbagai titik di Provinsi DIY. "Untuk DIY ada ribuan kambing, jadi ala dilakukan hingga Rabu (14/8/2019),"katanya.

Nasrudin melanjutkan, untuk hari ini saja (11/8/2019) penyembelihan dilakukan di tiga lokasi di Kulon Progo, yaitu di Kecamatan Kalibawang, Samigaluh, dan Panjatan dengan total sekitar 250 ekor kambing. Untuk lokasi pendistribusian dan penyembelihan hewan kurban merupakan lokasi yang masih banyak penduduk prasejahtera.

"Mereka juga masih jarang mengonsumsi daging karena keterbatasan ekonomi. Selain itu, Global Qurban-ACT juga menyasar wilayah terdampak kekeringan, misalnya saja Kabupaten Gunungkidul. Pendistribusian dan penyembelihan hewan kurban di Gunungkidul akan dilaksanakan pada Senin (12/8)," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak