Berseragam Lengkap, Kapolda Jateng Jadi Khatib Salat Id

Minggu, 11 Agustus 2019 - 16:54 WIB
Berseragam Lengkap, Kapolda Jateng Jadi Khatib Salat Id
Berseragam Lengkap, Kapolda Jateng Jadi Khatib Salat Id
A A A
SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjadi khatib Salat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. Saat naik mimbar, Kapolda Jateng mengenakan seragam polisi lengkap dan sorban warna putih.

Rycko mengisahkan tentang kerelaan Nabi Ibrahim untuk berkorban demi menjalankan perintah Allah SWT. Bahkan, Nabi Ibrahim menyerahkan anak kesayangannya Ismail, untuk dikurbankan di Jabal Qurban. Dan akhirnya Malaikat Jibril turun dengan membawa domba untuk pengganti Ismail, yang kemudian hari juga menjadi seorang nabi.

"Hikmah pada Hari Raya Idul Adha menjadi sangat berarti di saat bangsa kita sedang menghadapi berbagai tantangan mulai dari bencana, kerusuhan, konflik yang sampai memakan korban yang disebabkan oleh arogansi orang atau kelompok. Dan ada upaya adu domba dengan kondisi seperti ini kita harus bisa mencegah dan mengantisipasi," kata Rycko saat di mimbar, Minggu (11/8/2019).

Dia menyampaikan tentang kondisi Bangsa Indonesia yang terdiri beragam suku dan agama. Meski demikian, setiap anak bangsa wajib menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya kerukunan serta menghindari konflik sosial.

"Marilah kita bersatu padu mencegah terjadinya konflik, hindari perpecahan antarumat muslim dan umat beragama lain. Jangan menonjolkan sikap fanatisme terhadap keyakinan kita masing-masing," tambahnya.

Usai khotbah, ribuan jamaah Salat Id bersalam-salaman sambil mengumandangkan tasbih, tahmid, dan takbir. Kegiatan dilanjutkan penyerahan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dari Kapolda Jateng kepada Ketua DPP MAJT.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5943 seconds (0.1#10.140)