Pemotongan Tak Sempurna, Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Minggu, 11 Agustus 2019 - 16:01 WIB
Pemotongan Tak Sempurna, Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban
Pemotongan Tak Sempurna, Petugas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban
A A A
CIREBON - Petugas Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon Jawa Barat menggelar sidak pemotongan hewan kurban di sejumlah tempat, Minggu siang (11/8/2019). Dalam sidak itu, petugas menemukan belasan kambing yang dipotong tidak sempurna. Selain itu petugas juga menemukan adanya cacing hati pada sejumlah hewan kurban.

Belasan kambing kurban ini dibiarkan tergeletak di halaman belakang kantor Balaikota Cirebon Jawa Barat. Hewan pemotongannya dilakukan secara sekaligus itu dibiarkan teronggok menunggu giliran proses pengulitan dan pengangkatan jeroan.

Selain menemukan adanya pembiaran hewan yang sudah dipotong, dalam petugas juga menemukan adanya cacing hati di sejumlah hewan. Cacing yang telah mati itu langsung dikeluarkan dan meminta petugas pemotong untuk tidak membagikannya.

Selain karena sudah tercemar cacing hati, kondisinya dipastikan tidak layak untuk konsumsi. Petugas mengkhawatirkan kurang baiknya kondisi daging.

Selain karena terlalu lama dibiarkan tanpa pengangkatan jeroan, pembiaran itu juga mempercepat tumbuhnya mikroba yang membuat kondisi daging kurang baik. Hal tersebut akan berdampak membusuknya daging.

Iim Inayati, Kabid Pertanian dan Peternakan DPPKP Kota Cirebon menyebutkan, pihaknya telah meminta agar hewan yang dibiarkan itu untuk segera dikuliti.

Petugas juga meminta panitia untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam lantaran berasal dari daur ulang limbah. Penggunaan plastik hitam tanpa lapisan sebelumnya akan mempengaruhi kualitas daging.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)