Ketika Ibu-Ibu Persit di Gorontalo Ikut Panen Padi

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 16:09 WIB
Ketika Ibu-Ibu Persit di Gorontalo Ikut Panen Padi
Ketika Ibu-Ibu Persit di Gorontalo Ikut Panen Padi
A A A
GORONTALO - Jika aparat TNI yang ikut memanen padi di sawah, sudah menjadi hal biasa di kalangan masyarakat. Di Kota Gorontalo sendiri, tepatnya di Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana
Koramil 01 Kota Utara, berbaur dengan petani memanen padi. Selama dua hari sejak Kamis (8/8/2019) hingga Jumat (9/8/2019). Danramil 01 Kota Utara Kapten Inf Nendra Purwanto menjelaskan, kegiatan panen raya ini merupakan bagian dari program kerjasama TNI dan Kementan RI, untuk menyukseskan swasembada pangan.

Dukungan Koramil 01 Kota Utara terhadap program ini, dimulai sejak proses penanaman hingga panen. Berupa pendampingan, sosialisasi, pemeliharanaan sampai dengan pemasaran hasil pertanian.

"Menyukseskan program swasembada pangan, berarti kita semua termasuk TNI AD dan masyarakat sudah menjaga kedaulatan Tanah Air. Sebab, ketahanan pangan merupakan bagian dari ketahana negara," ujar Kapten Nendra.

Bukan hanya sampai dengan proses panen saja, usai aktivitas tersebut jajaran Koramil 01 Kota Utara melanjutkan dengan kegiatan sosialisasi tentang ketahanan pangan.

Tujuannya, untuk memperkuat dan meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya petani, dalam mempertehankan swasembada pangan. Dirinya yakin, dengan adanya kerjasama antara TNI AD, Pemerintah Daerah dan masyarakat, akan mampu memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat dari bidang pertanian.

"Sebagai bangsa yang berdaulat penuh. Kita pasti dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam Negeri, hingga berlebih, bahkan bisa mengekspor. Selain itu, sosialisasi tersebut menjadi wadah bagi masyarakat, untuk menyampaikan aspirasi dan masukkan kepada aparat TNI dan pemerintah, tentang pertanian," tutur Kapten Inf Nendra.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5022 seconds (0.1#10.140)