alexametrics

Bantu Atasi Kekeringan, Prajurit TNI Droping dan Angkut Ember Air Bersih

loading...
Bantu Atasi Kekeringan, Prajurit TNI Droping dan Angkut Ember Air Bersih
Prajurit TNI membantu droping dan mengangkut ember air bersih untuk warga Dusun Tugu, Karang Talun Kidul, Purwojati, Banyumas, Jawa Tengah mengalami krisis air bersih. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A+ A-
BANYUMAS - Prajurit TNI membantu droping dan mengangkut ember air bersih untuk warga Dusun Tugu, Karang Talun Kidul, Purwojati, Banyumas, Jawa Tengah mengalami krisis air bersih.

Sekitar 100 anggota TNI yang memberikan bantuan air bersih kepada sekitar 300 kepala keluarga (KK) di Dusun Tugu tersebut berasal dari Batalyon Infanteri (Yonif) 405/Surya Kusuma, Wangon, Banyumas.

Dua tangki berkapasitas 10.000 liter air bersih didatangkan Yonif 505/Surya Kusuma untuk membantu warga. Dibantu anggota TNI, warga menampung air bersih ke dalam ember plastik dan alat penampung air lainnya.



Sementara beberapa anggota TNI lainnya membantu ibu-ibu yang sudah usia lanjut untuk membawakan ember berisi air bersih ke masing-masing rumah warga. Bantuan ini memang sengaja dikerahkan ke wilayah tersebut mengingat sudah mengalami krisis air bersih lebih dari 3 bulan lamanya.

Komandan Batalyon Infanteri 405/Surya Kusuma, Mayor Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan gowes plus-plus yang artinya kegiatan anggotanya bersepeda ke desa-desa dan sekaligus memberi bantuan bersih kepada masyarakat di sekitarnya.

“Kegiatan ini selain bermanfaat bagi kesehatan anggota sendiri juga bermanfaat bagi warga yang mengalami krisis air bersih. Ini juga merupakan bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat dimana kami bisa langsung memberikan bantuan air bersih bagi warga di desa karang talun kidul ini,” jelas Ikhsan.

Untuk menjangkau Dusun Tugu yang lokasinya berada di perbukitan, anggota TNI naik sepeda onthel dengan jalan menanjak sejauh kurang lebih 15 kilometer.

Warga sendiri mengaku senang dengan bantuan air bersih ini karena sudah lebih 3 bulan mereka mengalami krisis air bersih.

“Kami sangat senang adanya bantuan air bersih ini, kami sendiri harus mengambil air bersih ke sungai sejauh kurang lebih 7 kilometer,” ujar Siti Sholihah, warga Dusun Tugu.

Selain memberikan bantuan air bersih, Yonif 405/Surya Kusuma juga memberikan bantuan sejumlah makanan instan kepada warga setempat. Bantuan makanan ini diberikan kepada warga yang dianggap kurang mampu dan berada di pelosok-pelosok pedesaan.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak