alexametrics

Puncak Gunung Ciremai Terbakar, Tim SAR Evakuasi Pendaki

loading...
Puncak Gunung Ciremai Terbakar, Tim SAR Evakuasi Pendaki
Kebakaran terjadi di Gunung Ciremai, Rabu (8/8/2019). Untuk menangani bencana itu, puluhan petugas gabungan telah diterjunkan baik untuk memadamkan api maupun untuk mengevakuasi para pendaki. Foto Ist
A+ A-
MAJALENGKA - Musibah kebakaran terjadi di Gunung Ciremai pada Rabu (8/8/2019). Untuk menangani bencana itu, puluhan petugas gabungan telah diterjunkan baik untuk memadamkan api maupun untuk mengevakuasi para pendaki. Kepala Seksi Wilayah 1 Kuningan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Andre Jatmiko mengatakan, musibah tersebut pertama kali diterima sekitar pukul 16.00 WIB. Lokasi kebakaran sendiri terjadi di Blok Gua Walet Puncak Gunung Ciremai, koordinat 6°53'54.84" S, 108°24'11.15"T.

"Kepulan asap mulai terlihat pada hari Rabu 7 Agustus 2019 pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka. Informasi masuk pukul 16.00 WIB," kata dia kepada SINDOnews, Rabu (8/8/2019)

Hingga pukul 18.30 WIB, jelas dia, sudah ada dua tim yang diturunkan untuk menangani kebakaran itu. Selain menerjunkan tim, semua jalur pendakian juga ditutup untuk sementara.



"Masih terdapat api. Team 1 yang memadamkan sebanyak 16 orang. Team susulan 15 orang terdiri dari TNGC dan Mitra, Mitra Pendakian Gunung Cirenai (MPGC) Apuy, Polsek Argapura, BPBD, Masyarakat Argalingga," kata dia. Kondisi mutakhir, lanjut dia, cuaca cerah rencana penutupan semua jalur pendakian.

"Upaya yang dilakukan mengevakuasi semua pendaki yang ada di jalur pendakian baik Jalur Apuy, Palutungan maupun Linggarjati. Hal-hal akan kami sampaikan kemudian," lanjut dia.

Sementara, terkait luas lahan yang terbakar, hingga saat ini belum diketahui pasti, lantaran sulitnya komunikasi dengan tim yang sedang di lapangan. "Belum selesai untuk perkiraan luas (yang terbakar). Di lapangan sulit komunikasi," tandas dia.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak