alexametrics

Bupati Purwakarta Gelar Lomba Pembungkus Daging Kurban Ramah Lingkungan

loading...
Bupati Purwakarta Gelar Lomba Pembungkus Daging Kurban Ramah Lingkungan
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kiri) memperlombakan kreasi pembungkus daging kurban berbahan material ramah lingkungan. Foto/Ist
A+ A-
PURWAKARTA - Berbagai cara dilakukan Pemkab Purwakarta, Jawa Barat dalam mengurangi penggunaan plastik pada pembungkus daging saat Idul Adha nanti. Tidak hanya sebatas imbauan melainkan terobosan baru dengan melombakan kreasi pembungkus daging kurban berbahan nonplastik.

Langkah ini sengaja dilakukan agar memotivasi panitia kurban agar memiliki komitmen untuk mengusung tema lingkungan hidup. Apalagi masih banyaknya panitia kurban yang secara terang-terangan menolak penggunaan bahan nonplastik dengan alasan tidak praktis.

"Syarat utamanya gunakan material bahan ramah lingkungan atau tidak menggunakan plastik, harus hasil kreasi panitianya, akan ada hadiah menarik," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Bale Nagri Purwakarta, Rabu (7/8/2019).



Apalagi di Kabupaten Purwakarta terdapat 700 titik pemotongan hewan kurban, dengan rincian sebanyak 1500 ekor sapi dan lebih dari 5.000 ekor domba yang akan dipotong.

Bupati terus mengimbau agar panitia kurban tidak menggunakan plastik, tetapi diarahkan menggunakan bahan ramah lingkungan. "Yang penting gunakan bahan yang ramah lingkungan, mau itu daun jati, daun pisang ataupun wadah besek dari bambu dipersilakan asal jangan pakai kantung plastik," jelasnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak