Petugas Temukan Hewan Kurban Sakit Mata dan Usia Masih Muda

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 13:44 WIB
Petugas Temukan Hewan Kurban Sakit Mata dan Usia Masih Muda
Petugas Temukan Hewan Kurban Sakit Mata dan Usia Masih Muda
A A A
KUNINGAN - Jelang Idul Adha atau hari raya kurban, tim pemeriksa kesehatan dari Dinas Peternakan dan Pertanian Kuningan, Jawa Barat memeriksa hewan kurban sapi dan kambing, Jumat pagi (2/8/2019). Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan hewan kurban terindikasi penyakit serta hewan tak layak kurban karena usia masih muda.

Di pasar hewan kurban di jalan raya Awirarangan, Kabupaten Kuningan, petugas memeriksa kesehatan kambing mulai dari gigi, mata, kulit dan lainya. Dari hasil pemeriksaan petugas menemukan beberapa hewan kambing yang terkena penyakit mata dan usia masih muda. Untuk hewan yang sehat nantinya akan diberi tanda oleh petugas.

Selain kambing, petugas juga memeriksa sapi. Petugas memeriksa fisik hewan, memeriksa suhu tubuh sapi yang normalnya 37,5 sampai 39 derajat serta umur hewan di atas dua tahun.

Bagi hewan yang sehat dan di nyatakan layak memenuhi persyaratan untuk qurban, petugas akan memberi tanda sehat yang dikalungkan ke leher hewan.

Pemeriksaan hewan kurban mulai dilakukan H-15 jelang perayaan hari Idul Adha atau kurban. Sejauh ini, hasil dari pemeriksaan hewan kurban, petugas dinas peternakan menemukan hewan kambing sakit serta tidak layak untuk kurban.

Kabid Peternakan dan Pertanian Kuningan, Lia Prialawati, mengatakan, para penjual hewan kurban agar tidak menjual kambing yang kondisinya sakit. Menurut petugas, pemeriksaan hewan kurban akan terus dilakukan jelang hari raya kurban yang tinggal 9 hari lagi.

Selain itu, petugas mengimbau warga agar membeli hewan kurban yang sudah diberi tanda sebagai hewan sehat.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8358 seconds (0.1#10.140)