alexametrics

Kemarau Panjang, Warga Kuningan Minta Bantuan Air Bersih

loading...
Kemarau Panjang, Warga Kuningan Minta Bantuan Air Bersih
Warga Kuningan Jawa Barat mulai kesulitan air bersih. Foto/Toiskandar
A+ A-
KUNINGAN - Akibat kemarau panjang hampir tiga bulan, warga Dusun Suka Asih Desa Cihanjaro, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Warga harus rela antrean sejak pagi hingga siang untuk dapatkan air bersih karena sumur warga mulai mengering.

Dengan membawa jerigen serta ember, warga Dusun Suka Asih Desa Cihanjaro secara bergantian mengambil air dari bak penampungan. Mereka menggunakan ember yang dikaitkan ke bambu.

Warga rela antri sejak pagi untuk kebutuhan mandi dan mencuci. sejak tiga bulan ini warga hanya mengandalkan air di bak penampungan dari aliran sebuah bukit yang jaraknya sekitar satu kilometer. Namun, air tersebut mulai mengecil akibat dampak kekeringan.



Salah seorang warga mengaku setiap hari harus mengambil air dari bak penampungan guna kebutuhan setiap harinya. Warga berharap ada bantuan air bersih dari pemerintah setempat.

Sementara dari keterangan Kepala Dusun Suka Asih Desa Cihanjaro Samar Mardiana mengatakan, sampai saat ini kebutuhan air bersih di dusunnya terus berkurang akibat dampak kemarau sejak melanda di desa mereka. Warga di dusunnya berjumlah sekitar 1.000 orang hanya mengandalkan bak penampungan karena tidak ada sungai di desanya.

Hingga kini pemerintah desa setempat sedang mengajukan permintaan kepada dinas terkait agar mengirim bantuan air bersih menyusul kekeringan yang melanda sejak tiga bulan terakhir.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak