alexametrics

Buruh Belawan Blokade Jalan Raya dan Sandera Truk

loading...
Buruh Belawan Blokade Jalan Raya dan Sandera Truk
Buruh lansia Pelabuhan Belawan sempat melakukan penyanderaan truk yang akan masuk ke pelabuhan melalui gate-2. Foto/Rusli HR
A+ A-
MEDAN - Seratusan buruh Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara yang tergabung dalam Primer Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Upaya Karya (Primkop TKBM UPA) melakukan aksi unjuk rasa, Selasa (30/7/2019). Mereka memblokade jalan dan menyandera truk di gate-2 menuju Pelabuhan Belawan.

Akibat aksi ini, jalan raya di gate dua menuju Pelabuhan Belawan sempat macet. Para buruh ini melakukan aksi spontanitas karena adanya surat edaran pengurus Primkop TKBM Upaya Karya melarang buruh bongkar muat yang sudah lansia. Selain itu buruh yang tidak heregistrasi tidak diperbolehkan masuk di wilayah kerja pelabuhan Belawan untuk bekerja aktivitas bongkar muat dari dan kekapal.
Hapentianus (57) salah seorang buruh lansia merasa masih mampu bekerja bongkar muat di Pelabuhan Belawan mengaku berkeberatan dengan adanya surat edaran itu. Para buruh meminta apabila mereka tidak diijinkan bekerja, mereka dialihkan kepada anak-anak para buruh tersebut untuk bekerja di pelabuhan.

Untuk mengantisipasi kemacetan, petugas Lantas dan aparat Polres Pelabuhan Belawan turun ke lokasi mengamankan para buruh. Akhirnya para buruh duduk di pinggir jalan dan truk-truk kembali normal masuk ke pelabuhan melalui gate-2 pelabuhan Belawan.

(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak