Dinas PKH Kobar Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Selasa, 30 Juli 2019 - 09:51 WIB
Dinas PKH Kobar Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Dinas PKH Kobar Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan tengah (Kalteng) melakukan pemeriksaan kesehatan hewan potong menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, Senin (29/7/2019).

Pemeriksaan hewan potong meliputi sapi dan kambing dilaksanakan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kobar. Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Haryo Prabowo mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha.

"Dinas PKH Kobar telah menyiapkan kalung SEHAT. Kami akan keliling ke wilayah-wilayah dan lapak penjualan sapi dan kambing untuk memeriksa hewan kurban. Jika hewan kurban memenuhi kriteria layak dan sehat, akan diberikan kalung sehat dan jika ada hewan potong yang mengalami sakit akan ditangani lebih lanjut," jelasnya.

Dengan diadakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban antemortem (sebelum disembelih) diharapkan masyarakat yang akan membeli hewan untuk kurban merasa yakin dengan hewan kurban yang akan di kurbankan tersebut.

Dinas PKH tidak hanya melaksanakan pemeriksaan Antemortem (sebelum disembelih) tetapi pada saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban juga akan dilakukan pemeriksaan Postmortem (sesudah disembelih).

"Kemudian memeriksa daging dan organ dalam hewan kurban yang telah dipotong, untuk memastikan daging yang disebar ke masyarakat adalah daging yang layak konsumsi," jelasnya.

Bagi masyarakat yang hendak berkurban Dinas PKH mengimbau warga untuk memperhatikan kesehatan hewan kurban dengan memilih hewan kurban yang telah memakai kalung 'sehat'.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0282 seconds (0.1#10.140)