alexametrics

Pelajar SMP Curi Alat Pendeteksi Gempa Milik BMKG Palu

loading...
Pelajar SMP Curi Alat Pendeteksi Gempa Milik BMKG Palu
Polres Sigi, Sulawesi Tengah menangkap pelaku pencurian dan penadah alat pendeteksi gempa milik BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu yang hilang beberapa waktu lalu di Desa Pombewe, Sigi, Sulawesi Tengah. Foto iNews TV/Ridwan L
A+ A-
PALU - Kepolisian Resort Sigi, Sulawesi Tengah berhasil menangkap seorang pelaku pencurian dan juga seorang penadah alat pendeteksi gempa milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Geofisika Klas I Palu yang hilang beberapa waktu lalu di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Pelaku berinisial AP yang masih duduk di bangku kelas tiga SMP diamankan oleh Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sigi di sekolahnya, Senin (29/7/2019). Dari keterangan AP diketahui kalau aksinya juga dilakukan bersama dengan kedua kawannya berinisial SET dan AH yang saat ini masih dalam pencarian namun identitas keduanya sudah diketahui pihak berwajib.

Polisi juga mengamankan tersangka S alias OP yang menjadi penadah dan pembeli alat BMKG buatan Canada tersebut. Dari para tersangka Polisi berhasil menyita barang berupa 1 buah sensor broadband, 3 buah baterai, 1 buah panel solar dan solar regulator.



Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri mengatakan, pelaku pencurian alat pendeteksi gempa tersebut berjumlah tiga orang. "Baru satu yang berhasil ditangkap atas nama AP (14) yang juga merupakan tersangka kasus pencurian solarcell di TKP lainnya dan kasusnya saat ini sedang berjalan di Polsek Biromaru," kata Kapolres.

Untuk pelaku pencurian, kata Kapolres, diancam dengan Pasal 363 ayat (1) ke – 4e dan 5e KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sedangkan untuk pelaku penadahan Pasal 480 ayat (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Sebelumnya salah satu alat pendeteksi gempa milik BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu yang berada di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi hilang dicuri orang. BMKG menyebutkan kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp700 juta.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak