Bupati Nurhidayah: Kabupaten Kobar Miliki Potensi Ekonomi Kreatif

Senin, 29 Juli 2019 - 13:49 WIB
Bupati Nurhidayah: Kabupaten Kobar Miliki Potensi Ekonomi Kreatif
Bupati Nurhidayah: Kabupaten Kobar Miliki Potensi Ekonomi Kreatif
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Kobar Kreatif. Kegiatan ini digelar pada 24-28 Juli lalu di Pangkalan Bun Park dengan mengambil tema "Festival Kotawaringin Barat Kreatif bertema Kreativitas sebagai pendukung Pariwisata".

"Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memiliki berbagai potensi ekonomi kreatif yang tidak kalah menariknya dibanding daerah lain di Provinsi Kalimantan Tengah," kata Bupati Kobar, Nurhidayah.

Berbagai potensi itu akan berdampak positif terhadap masyarakat apabila diberi ruang seluas-luasnya oleh pemerintah daerah. Mengingat ekonomi kreatif menjadi salah satu upaya pembangunan perekonomian secara berkelanjutan melalui kreativitas.

Ia mengatakan, kemunculan ekonomi kreatif akan mampu menjadi penopang ekonomi nasional dan sejalan dengan program pemerintah pusat dalam pengembangan ekonomi di daerah daerah.

"Ekonomi kreatif saat ini menjadi masa depan bagi perekonomian Indonesia. Indonesia memiliki industri kreatif yang sangat potensial," kataNurhidayah.

Ia melanjutkan, salah satu potensi industri kreatif yang harus terus digali adalah yang berkaitan dengan kebudayaan dan kearifan lokal, seperti yang dimiliki Kobar saat ini.

"Kotawaringin Barat mempunyai keunikan budaya yang terus dapat digali, dijaga dan dikembangkan melalui kegiatan pendampingan, even-even serta lomba-lomba berbasis kreativitas lokal yang bisa membangkitkan potensi industri ekonomi kreatif berkelanjutan," ujarnya.

Melalui Festival Kobar Kreatif, sejumlah lomba digelat di antaranya kreasi kuliner oleh-oleh, tari kreasi tradisional, fotografi, fashion kreasi batik kobar, vokal group, film pendek, sketsa, mewarnai.

Nurhidayah berharap penanaman karakter bangsa melalui unsur seni budaya lokal yang terus dilestarikan berlangung lebih baik dan berkelanjutan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)