Komisi VII DPR Serahkan 500 Titik PJUTS di Indramayu

Minggu, 28 Juli 2024 - 12:33 WIB
loading...
Komisi VII DPR Serahkan...
Sebanyak 500 titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Program Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR diserahkan kepada masyarakat dan Pemkab Indramayu. Foto/Ist
A A A
INDRAMAYU - Sebanyak 500 titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) resmi diserahkan kepada masyarakat dan Pemkab Indramayu, Jawa Barat pada, Sabtu, 27 Juli 2024. PJUTS tersebut tersebar di berbagai pelosok Indramayu.

Keberadaan ratusan PJUTS tersebut merupakan program Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Komisi VII DPR.



“Kehadiran ratusan PJUTS ini merupakan komitmen saya dalam membangun Kabupaten Indramayu, tentu dengan adanya PJUTS tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat serta memberikan dampak positif terhadap kemajuan sebuah wilayah, mulai dari tumbuhnya perekonomian serta terjaganya keamanan dan ketertiban di Indramayu,” kata anggota Komisi VII DPR Bambang Hermanto, Minggu (28/7/2024).

Dia menyebut, serah terima dan peresmian PJUTS semestinya dihadiri Pemkab Indramayu.

"Karena kita sudah berjuang mulai dari perencanaan, anggaran, dan pelaksanaan ini kami lakukan di DPR demi kepentingan masyarakat Indramayu. Tapi tidak menjadi satu persoalan, yang terpenting kita sudah menyerahkan kepada masyarakat, dan masyarakat tahu siapa yang berjuang untuk Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Selain anggota Komisi VII DPR, hadir juga Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Senda Hurmuzan Kanam.



Senda menyatakan, pemasangan PJUTS merupakan langkah pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca melalui pemanfaatan energi bersih yang minim emisi dan ramah lingkungan.

Hal itu sejalan dengan rencana pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emission (Nol Emisi Karbon) pada 2060 atau lebih cepat.

“Seiring dengan diterapkannya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJUTS ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan,” katanya.

Hingga 2023, PJUTS yang telah terbangun sebanyak 23.056 atau setara menerangi jalan sepanjang 1.152 Km, yang tersebar di 31 provinsi di Indonesia.

Dengan demikian program pemasangan PJUTS telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak Tahun Anggaran 2015 hingga 2023 telah terpasang 135.719 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 6.785 Km.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)