Kasepuhan Cilebang Lebak Gelar Sedekah Bumi

Jum'at, 26 Juli 2019 - 16:14 WIB
Kasepuhan Cilebang Lebak Gelar Sedekah Bumi
Kasepuhan Cilebang Lebak Gelar Sedekah Bumi
A A A
LEBAK - Ribuan masyarakat kasepuhan Cilebang, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak , Banten, menyaksikan ritual sedekah bumi, Jumat (26/7/2019). Selain untuk menjalin persatuan antarmasyarakat, kegiatan ini juga sebagai wujud syukur atas anugerah Allah SWT yang diberikan kepada masyarakat.

Kemeriahan ritual kasepuhan Cilebang yang digelar setiap 5 tahun sekali ini terlihat ketika ribuan kastrol nasi liwet disantap secara bersamaan.

Selain pejabat pemerintah Kabupaten Lebak, acara tersebut dihadiri perwakilan pemerintah pusat. Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan budaya gotong royong.

Kesempatan itu dimanfaatkan Wabup untuk mempertegas kembali usulan pembentukan desa adat yang diajukan Pemkab Lebak kepada pemerintah pusat. Kata Wabup, Desa adat yang sudah siap ada dua desa, yaitu Desa Guradog dan Desa Kanekes.

Jika nantinya disetujui, maka di desa adat tersebut tidak ada lagi Pilkades yang sering kali menimbulkan konflik masyarakat. Namun akan diberlakukan sesuai mekanisme adat setempat.

"Kita perlu ada penataan desa, ini bertujuan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena kalau sudah jadi desa adat, bisa dijadikan destinasi wisata juga," kata Wabup.

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian PMK, Mustika Rini Indriyati Ningrum berharap munculnya revolusi mental dari masyarakat adat. Dia yakin masyarakat kasepuhan Cilebang masih menjunjung tinggi hukum-hukum adat.

"Saya yakin masyarakat punya modal yang kuat untuk mewujudkan revolusi mental, karena masih menjungjung hukum adat," ujarnya.

Dengan kegiatan ini, Rini Indriyati berharap dapat mendorong inklusi sosial bagi elemen masyarakat adat kasepuan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8796 seconds (0.1#10.140)