alexametrics

Aktivitas Penerbangan Meningkat, Jumlah Penumpang Bandara BIJB Capai 86.000

loading...
Aktivitas Penerbangan Meningkat, Jumlah Penumpang Bandara BIJB Capai 86.000
Pasca-pemindahan penerbangan dari Badara Husein Sastranegara Bandung (BDO), aktivitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (KTJ) mengalami peningkatan signifikan. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
MAJALENGKA - Pasca-pemindahan penerbangan dari Badara Husein Sastranegara Bandung (BDO), aktivitas di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (KTJ) mengalami peningkatan signifikan. Bahkan PT BIJB mengklaim jumlah penumpang sejak resmi dipindahkan hingga Kamis (25/7/2019), tercatat sebanyak 86.166 penumpang.

Catatan tersebut hasil dari evaluasi yang dilakukan terhadap load factor (LF) atau keterisian penumpang sejak 30 Juni sampai 25 Juli 2019. Puluhan ribu penumpang itu dilayani oleh empat maskapai, Garuda Indonesia, Citilink, LionAir dan Air Asia

"Dalam catatan kami sejak penataan rute yang dilakukan di dua bandara ini ada sekitar 86.166 penumpang yang melakukan pendaratan dan penerbangan. Kalau dihitung harian, di sini antara 3.000 sampai 4.000 penumpang," kata Direktur PT BIJB Muhamad Singgih, Jumat (26/7/2019).



Dari evaluasi juga diketahui bahwa Denpasar, Bali menjadi rute favorit penumpang. Rata-rata dari setiap maskapai yang membuka rute menuju Pulau Dewata ini menunjuk angka di atas 80% penumpang per flight-nya. Khusus saat akhir pekan, tingkat keterisian bisa di atas 90%.

Batam dan Surabaya, tercatat sebagai rute selanjutnya yang mendapat respons positif dari masyarakat. Untuk rute dua kota itu, angka keterisian rata-rata di angka 70%. "Kemudian Medan dan Banjarmasin sebagai destinasi masyarakat," jelasnya.

Sementara, saat ini BIJB menjangkau 12 daerah, yakni Balikpapan, Lombok, Pontianak, Denpasar, Padang, Makassar, Medan, Banjarmasin, Batam, Palembang, Pekanbaru, dan Surabaya. Rata-rata pergerakan pesawat sehari mencapai 30 untuk takeoff dan landing.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak