alexametrics

Fish and Coral Carnival Awali Manado Fiesta 2019

loading...
Fish and Coral Carnival Awali Manado Fiesta 2019
Fish and Coral (Fisco) Carnival akan mengawali pembukaan Manado Fiesta yang dimulai 27 Juli 2019. Foto/Ilustrasi/Okezone/Subhan Sabu
A+ A-
MANADO - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara terus mematangkan persiapan Manado Fiesta 2019 yang akan berlangsung 27 Juli sampai 4 Agustus 2019.

Even yang dilaksanakan untuk ke tiga kalinya ini mengusung konsep 7 F, yaitu Fisco, Fair, Food, Fashion, Funtastic, Flying dan Faith dengan mengedepankan kearifan lokal.

Ada dua poin penting yang akan ditampilkan. Pertama, Manado sebagai Kota Toleran, rumah besar bagi keragaman, suku, agama, budaya, serta kehidupan masyarakat yang rukun dan damai. Kedua, pesona Bunaken dengan taman lautnya yang indah.



Fish and Coral (Fisco) Carnival akan mengawali pembukaan Manado Fiesta 2019 yang dimulai 27 Juli dan terbagi dalam dua sesi, afternoon show dan night show.

Di afternoon show, masyarakat bisa menikmati Fish and Coral Karnaval yang berisi parade kendaraan hias, parade budaya, parade fashion, drum band, atraksi kabasaran dan musik bambu.

Selain itu selama afternoon show masyarakat juga bisa menikmati atraksi sailing pass di laut oleh ratusan kapal hias dan kapal lokal dan juga KRI Dewaruci yang akan menyemarakan teluk Manado.

Night show dikemas sebagai rangkaian Opening Ceremony Manado Fiesta 2019 yang berisi berbagai penampilan baik di darat, laut, dan udara yang dikolaborasikan menjadi sebuah pertunjukan membuka keseluruhan kegiatan Manado Fiesta.

Bakal dipentaskaan tarian Kreasi Suku Batak, Betawi, Kalimantan, Papua dan Manado mewakili ragam etnis Nusantara

"Karena Kota Manado terdiri dari berbagai suku, agama, adat dan budaya, maka kita tampilkan kebersamaan dan keberagaman Manado yang dipentaskan oleh kurang lebih 200 Pelajar SMP Se-Kota Manado," ujar Wali Kota Manado, Godbless Sofcar Vicky Lumentut, Selasa (23/7/2019).

Setelah itu ada atraksi penampilan fashion carnival dan juga penampilan kendaraan hias yang mewakili masing masing kegiatan Manado Fiesta (7F).

Selanjutnya atraksi terjun payung, atraksi laut di mana ratusan kapal nelayan akan dibagi menjadi 7 area Mooring Bouy dan membuat area Teluk Manado menjadi terang dengan lampu lampu hias.

Kapal kapal lokal serta KRI Dewaruci akan ikut menyemarakkan area laut juga dalam night show.

Setelah itu akan ada prosesi pembukaan dalam semarak tarian musical kolosal yang menggunakan teknologi electric dance nuansa alam di bawah laut oleh kurang lebih 100 Pelajar SMP, laser show, sekitar 2.000 orang yang tergabung dalam paduan suara, 30 mapping, dan fireworks.

Selanjutnya ada Food Manado kuliner festival yang akan diselenggarakan pada 30 dan 31 Juli 2019.

Kemudian ada Manado Fashion Festival yang akan diselenggarakan pada 1 dan 2 Agustus 2019 dengan rangkaian acara fashion show Kaeng Manado, lomba busana Kaeng Manado, serta lomba model cilik.

Rangkaian selanjutnya yakni Funtastic, pada 27 Juli-4 Agustus 2019 dengan rangkaian acara antara lain lomba Masamper, paduan suara, Manado Youth Festival, Manado Traditional Sea Fest, lomba Taman, lomba Kebersihan dan konser musik yang menampilkan artis ibukota.

Flying yakni Paragliding International Accuracy Open yang akan menghadirkan atlit-atlit paralayang regional, nasional hingga internasional, akan diselenggarakan pada 1 hingga 3 Agustus 2019 yang bertempat di Gunung Tumpa.

Hingga saat ini, yang mendaftar via online, berasal dari 15 Provinsi dan 5 negara, yaitu Korea, Malaysia, Pakistan, Australia dan Rumania. 15 provinsi berasal dari DKI Jakarta, Sulut, Sumbar, NTB, Banten, Sulteng, Jatim, Jabar, Papua, Sulsel, Jateng, Kaltim, DIY, Riau dan Kepulauan Riau.

Sejumlah atlit nasional juga sudah menyatakan kesiapan untuk ambil bagian pada International Paragliding Accuracy Championship Manado Fiesta 2019 yang dihelat 1-3 Agustus di Gunung Tumpa, Tahura Manado.

"Ada empat atlit nasional peraih medali emas Asian Games juga akan hadir dan ikut," kata Walikota Manado.

Fair menjadi rangkaian acara selanjutnya yang akan diselenggarakan pada 31 Juli hingga 3 Agustus 2019.

Selanjutnya Faith menjadi penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Manado Fiesta 2019 dengan pelaksanaan thanksgiving atau pengucapan syukur yang akan dirayakan secara serentak diseluruh Kota Manado pada hari Minggu, tanggal 4 Agustus 2019.

"Nanti kita lihat pada hari pelaksanaan, banyak tampilan berbeda dibanding Manado Fiesta yang pertama dan kedua. Yang ketiga ini banyak kejutan dan dukungan," pungkas wali kota Manado.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak