Gelar Apel Siaga, BPBD Kobar Siap Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:26 WIB
Gelar Apel Siaga, BPBD Kobar Siap Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan
Gelar Apel Siaga, BPBD Kobar Siap Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menggelar apel siaga mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda mengatakan, penetapan status siaga Karhutla sudah diterapkan pada akhir Juni 2919 lalu. Adapun daerah rawan masih di tiga titik yaitu, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Lama dan Arut Selatan.

"Sejak ditetapkannya status siaga Karhutla di lapangan tidak ada kendala, artinya kami siap atasi Karhutla di wilayah Kobar," ujar Petrus saat apel siaga, Senin 22 Juli 2019.

Dia menjelaskan, kelengkapan alat dan anggaran cukup untuk mengatasi karhutla di Kobar. Sementara untuk alat-alat sistemnya pinjam pakai.

"Alat-alat itu semua sisitemnya pinjam pakai. Istilahnya dipakai selama penanganan. Mobil ada dua untuk Kecamatan Pangkalan Banteng dan Kecamatan Kumai, serta semua kecamatan mendapat mesin pompa," ungkapnya.

Meski demikian, wilayah Kobar masih perlu adanya water bombing, karena juga melayani Kalteng wilayah barat, mulai dari Lamandau dan Sukamara.

"Sedang kami usulkan ke BNPB satu unit water bombing untuk siap siaga di Kobar," tutupnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0947 seconds (0.1#10.140)