Lagi, Pekanbaru Raih Dua Penghargaan Nasional

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:25 WIB
Lagi, Pekanbaru Raih Dua Penghargaan Nasional
Lagi, Pekanbaru Raih Dua Penghargaan Nasional
A A A
PEKANBARU - Prestasi membanggakan kembali di raih Kota Pekanbaru di bawah kepemimpinan Wali Kota Pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi. Kali ini Kota Pekanbaru raih dua penghargaan sekaligus, yakni penghargaan Kota Layak Anak, serta penghargaan Pelayanan Publik Kota Besar Terbaik, kriteria Platinum, yang diserahkan pada malam penganugerahan Indonesia's Attractiveness Award 2019 di Pullman Hotel Jakarta.

"Suatu prestasi yang baru lagi bagi Pemerintah Kota Pekanbaru, karena besok, ini luar biasa, satu hari kita mendapatkan dua penghargaan. Kota Layak Anak yang akan diserahkan di Kota Makasar dan Kota Besar dengan kategori Pelayanan Publik Terbaik, dengan kriteria Platinum. Ini dari IAI, kerjasama dengan Majalah Tempo," ungkap Firmansyah Eka Putra, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra, seperti dilansir pekanbaru.go,id Senin (22/7/2019).

Penghargaan akan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Mentri PUPR, Menteri Pariwisata dan MenpanRB.

"Rencananya diserahkan oleh Kementrian Dalam Negeri dan ada empat kementrian lagi. Ini menunjukkan kepada masyarakat Indonesia, bahwa hari ini Kota Pekanbaru sedang menuju smart city dan membentuk salah satu pilarnya Smart Government. Karena smart government ini indikatornya adalah kota yang memiliki visi," terang Firmansyah Eka Putra.

Disampaikan pula, Walikota Firdaus mendapatkan penghargaan sebagai pemimpin visioner.

"Kemudian pemerintahan dengan tatakelola yang baik, good governance. Dan tiga hari yang lalu, pemerintah kota Pekanbaru, walikota Pekanbaru juga mendapatkan penghargaan di bidang tata kelola pemerintahan yang baik. Dan Ini kategori penyelenggaraan pemerintahan yang sangat baik, kita rangking empat secara nasional," ujarnya.

Dikatakannya, pelayanan publik merupakan salah satu indikator smart city

"Kita salah satu kota yang kemaren masuk finalis, dengan kategori Kota Besar. Termasuk Bandung, Badung dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Setelah dilakukan penilaian, baik secara online atau kelapangan, bahkan kita melakukan persentasi dihadapan dewan juri, akhirnya diputuskan kota Pekanbaru sebagai pemenang terbaik," ujar Firmansyah Eka Putra.

Terkait persentasi dikatakan Eka, dirinya mewakili Walikota Pekanbaru memaparkan dihadapan dewan juri hasil pelayanan publik.

"Kita memaparkan hasil-hasil pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemko. Dan ini bisa diukur dari IPM, salah satu indikator yang termudah mengukur apakah pelayanan publik di Kota Pekanbaru ini sudah bagus atau belum, itu bisa dilihat dari dua indikator, pertama Indeks Pembangunan Manusia. Kota Pekanbaru sudah 80,66, kita sudah mengalahkan Kota Jakarta. Kemudian dari Indeks Kepuasan Masyarakat yang hari ini kita juga sudah melewati angka 80. Ini menunjukan setiap tahun kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik juga meningkat," terangnya.

Sebut Kadis Kominfo, Mall Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, salah satu kriteria yang menempatkan Pekanbaru sebagai kota dengan prestasi pelayanan publik terbaik dengan klasifikasi Platinum.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3276 seconds (0.1#10.140)