alexametrics

Popda Sumbar Targetkan Cetak Bibit Olahraga

loading...
Popda Sumbar Targetkan Cetak Bibit Olahraga
Popda ini untuk pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian sebagai wahana seleksi olahraga pelajar yang mempersiapkan untuk menghadapi iven olahraga pelajar ke tingkat nasional.
A+ A-
PADANG - Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Sumbar tahun 2019 ini mulai digelar dan diikuti 213 atlet pelajar. Kegiatan yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar ini melibatkan tiga cabang olahraga (Cabor) yakni, tarung derajat, voli pasir dan taekwondo dan berlangsung selama tiga hari, 22-24 Juli ini dibuka Kadispora Sumbar Bustavidia di Hall Telkom, Senin (22/7/2019).

“Popda ini untuk mengukur sekaligus pembinaan prestasi olahraga pelajar daerah di Sumbar,” ujar Kadispora Bustavidia saat menyampaikan sambutanya.

Dikatakan Bustavidia, selain itu ajang Popda ini untuk pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian sebagai wahana seleksi olahraga pelajar yang mempersiapkan untuk menghadapi iven olahraga pelajar ke tingkat nasional.



Juga sebagai pemantauan dan pemanduan bakat atlet pelajar berbakat dan potensial untuk dibina dan ditingkatkan prestasinya ke tingkat lebih tinggi. Serta memantau atlet yang layak untuk dipersiapkan mengikuti Popnas tahun 2020 di Provinsi Papua.

Selain itu ajang Popda ini untuk pemeliharaan persatuan dan kesatuan bangsa. Juga sebagai wahana seleksi olahraga pelajar yang dipersiapkan untuk menghadapi iven olahraga Popwil. Ajang ini juga untuk pemantauan dan pemanduan bakat atlet pelajar berbakat dan potensial untuk dibina dan ditingkatkan prestasinya ke tingkat lebih tinggi. "Serta memantau atlet yang layak untuk dipersiapkan mengikuti Popnas tahun 2020 di Provinsi Papua," kata Bustavidia.

Plt Sekum KONI Sumbar Irnaldi Samin mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata dari pembinaan olahraga prestasi dari Dispora Sumbar. “Dan kegiatan ini untuk mencari bibit- bibit atlet Sumbar yang akan kita bina untuk dikutkan di Porwil mendatang sekaligus atlet yang mengikuti Popda ini bisa mewakili Sumbar di tingkat nasional nantinya,” ujar Irnaldi.

Dikatakan, apalagi ketiga Cabor yang sedang melaksanakan Popda ini tiga Cabor tersebut adalah Tarung Derajat, Taekwondo dan Voli pantai. “Saya juga berharap agar wasit juri yang memimpin pertandingan agar sportif memutuskan, kita ingin atlet yang bertanding benar-benar yang berkualitas Nantinya, Karena mereka akan mewakili Sumbar di Popwil nantinya,” ujar Irnaldi.

Sementara itu Pengurus Kodrat Sumbar, Gusnawati mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Popda ini. Seperti atlet Kodrat yang setiap hari berlatih tentunya tidak akan bisa mengukur kemampuannya kalau tidak ada kejuaraan.

Gusnawati juga sangat berterima kasih kepada Dispora Sumbar dalam pelaksanaan Popda. "Dan kedepan kegiatan yang lebih besar sudah menanti, seperti Kejurnas dan Pra-PON yang tentunya Muara dari kegiatan Popda ini juga menentukan atlet yang akan mewakili Sumbar nanti,’’ujarnya.

Panitia pelaksana Kasi Iptek dan pembibitan Olahragawan Dispora Sumbar Rani Febrian Indah dalam laporannya menerangkan, Popda tingkat Sumbar 2019 ini diikuti 19 Kabupaten dan Kota, melibatkan sebanyak 213 atlet dari tiga Cabor. Dengan rincian, Tarung derajat 105 atlet, bola voli pantai 51 atlet dan taekwondo 157 atlet. Kemudian juga melibatkan pelatih dan official Cabor, tarung derajat 19 orang, bola voli pasir 16 orang dan taekwondo 25 orang,’’ tuturnya.

"Popda melibatkan tiga Cabor yang dipertandingan di antaranya tarung derajat, voli pantai dan taekwondo. Dan ketiga Cabor dipertandingkan di lokasi berbeda, yakni tarung derajat di Hall Telkom Padang , bola voli pasir di lapangan voli pasir GOR Agus Salim Padang dan Taekwondo di Hall Semen Indarung Padang," terang Rani.(Mul)
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak