alexametrics

Peringatan Hari Lansia Kota Jambi Dihadiri Ribuan Lansia

loading...
Peringatan Hari Lansia Kota Jambi Dihadiri Ribuan Lansia
Sebagai wujud kecintaan terhadap masyarakatnya yang telah memasuki usia lanjut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama jajaran Pemerintah Kota Jambi, menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2019 Tingkat Kota Jambi.
A+ A-
JAMBI - Sebagai wujud kecintaan terhadap masyarakatnya yang telah memasuki usia lanjut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama jajaran Pemerintah Kota Jambi, menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2019 Tingkat Kota Jambi.

Acara yang turut dirangkai dengan tasyakuran atas diraihnya penghargaan kepada Wali Kota Syarif Fasha sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia itu, berlangsung di Lapangan Utama Balaikota Jambi, Sabtu (20/7/2019).

Sejak pagi ribuan warga lansia (lanjut usia) dari berbagai pelosok Kota Jambi tampak mulai memadati pusat pemerintahan Kota Jambi itu. Mereka tampak kompak dan serasi dengan seragam komunitas masing-masing. Kegiatan pagi itu diawali dengan senam sehat lansia bersama Wali Kota Fasha, Wawako Maulana, dan jajaran Pemkot Jambi.



Keseruan pagi itu pun bertambah semakin menarik, karena yang bertindak sebagai pemandu senam berasal dari kalangan lansia. Dengan penuh semangat dan enerjik, seluruh lansia tampak antusias mengikuti senam bersama Wali Kota tersebut.

Selain senam bersama, Pemkot juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta jamuan sarapan pagi bagi para lansia bersama Wali Kota Jambi.

Tidak hanya itu, Wali Kota Fasha juga menyediakan santunan dan tali asih untuk seluruh lansia yang hadir di acara tersebut. Tampak suasana haru bercampur gembira saat Wali Kota Syarif Fasha menyerahkan santunan, dan berdialog akrab bersama para lansia tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Fasha menyampaikan rasa haru dan syukurnya atas doa serta dukungan lansia Kota Jambi selama ini kepada dirinya.

"Di saat banyak orang melupakan lansia, kami mengagungkan lansia dengan memperingati Hari Lansia di Kota Jambi hari ini. Karena tanpa ayahanda dan ibunda sebagai orang tua, kami tidak akan pernah ada di bumi ini. Kami dan seluruh jajaran Pemkot Jambi juga sangat terbantu dengan hadirnya ayahanda dan ibunda, karena setiap ada kegiatan dan kebijakan Pemkot, ayah dan ibunda selalu ada untuk kami. Kami selalu butuh bimbingan dan nasehat dari ayahanda dan ibunda kami. Saya sampaikan pula terima kasih kepada seluruh OPD dan ASN Pemkot Jambi, karena dianugerahkannya kami sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia. Terima kasih pula kepada ayahanda dan ibunda lansia, karena tidak akan pernah ada prestasi ini jika ayahanda dan ibunda tidak berkenan menerima pelayanan kami selama ini," ujar Wali Kota Fasha.

Wali Kota Jambi yang juga menjadi kandidat penerima Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Tahun 2019 itu juga, menyampaikan komitmennya yang kuat dalam memprioritaskan pelayanan bagi kaum lansia di Kota Jambi.

"Berbagai inovasi telah diciptakan untuk meningkatkan pelayanan kepada lansia. Baik itu layanan kesehatan, dan pelayanan sosial kemasyarakatan lainnya. Seluruh puskesmas, telah kami tugaskan untuk membentuk kelompok pembinaan bagi lansia. Bahkan kami telah membentuk Komda Lansia yang dipimpin langsung oleh Wawako, sebagai perpanjangan tangan lansia untuk ditangani oleh Pemerintah Kota Jambi. Kami senantiasa berdoa semoga ayahanda dan ibunda lansia seluruhnya diberi kesehatan. Insya Allah, kami, Pemerintah Kota Jambi ke depan akan tetap terus menyayangi lansia, serta akan banyak juga program-program yang kami siapkan untuk lansia," pungkas Wali Kota Jambi dua periode itu.

Sebagaimana diketahui, program dan kebijakan Wali Kota Syarif Fasha, terhadap kelompok lanjut usia di Kota Jambi telah mendapat apresiasi luar biasa dari pemerintah pusat, yaitu dinobatkannya Wali Kota dengan jargon "Terkini" itu sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2019 yang berlangsung di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Kota Bandung beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut adalah sebuah bentuk pengakuan dan penghargaan negara atas dedikasi, kerja keras, komitmen, serta darma bakti dirinya selama ini sebagai Wali Kota yang senantiasa memperhatikan nilai kesejahteraan kaum usia lanjut (senior citizen) dalam tataran tingkat nasional.

Sejak diawal menjabat sebagai pemimpin Kota Jambi, Syarif Fasha telah menunjukkan komitmen luar biasa terhadap lansia di Kota Jambi. Selain telah memformulasi berbagai program kegiatan Pemkot yang berbasis pada pelayanan prima bagi peningkatan kemandirian dan kesejahteraan lansia di Kota Jambi, dirinya pun telah menginisiasi program yang bernilai sosial tinggi, yaitu Program Berbagi Kursi Roda Gratis bagi masyarakat khususnya lansia, yang bersumber dari gajinya sebagai Wali Kota, yang memang tidak pernah diambilnya sejak menjabat selama saat ini.

Selain menggalakkan kesadaran kolektif untuk menghormati para lansia, dirinya juga membangun berbagai inovasi yang ramah terhadap lansia, seperti, penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) di setiap kecamatan bagi lansia, Puskesmas klinik lansia, pelayanan khusus di sentra layanan publik bagi lansia, seperti antrian terpisah dan tempat duduk khusus lansia, pelayanan kesehatan kunjungan (visitasi) ke rumah (home care), fasilitasi pemberian kredit Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi lansia produktif, program jaminan kesehatan khusus lansia, kegiatan rutin senam lansia disetiap puskesmas dalam kota Jambi, hingga program bedah rumah bagi Veteran pejuang kemerdekaan di Kota Jambi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Ketua Komisariat Daerah (Komda) Lansia Kota Jambi, juga menyampaikan rencana program kerjanya yang mendukung visi dan misi Wali Kota Jambi terhadap lansia di Kota Jambi.

"Saya sudah menyusun rencana program untuk tahun depan, dimana salah satunya adalah dengan mendirikan Graha Lansia. Insyaallah tempatnya akan berlokasi di Talang Banjar. Disitu akan menjadi pusat pengembangan kapasitas lansia, seperti program pendidikan khusus bagi lansia. Misalnya seminggu 3 kali, diawali dengan senam kesehatan, selanjutnya pemberdayaan ekonomi dan terakhir bimbingan keagamaan. Secara umum lansia di Kota Jambi akan kita dorong untuk mendapatkan jaminan kesehatan, kemudian jaminan pangan dan ada bantuan permodalan bagi kelompok lansia produktif. Akan terus kita bimbing dan bina agar usahanya terus berjalan. Kita mendorong usia lanjut yang sehat dan mandiri, serta usia lanjut yang semakin mendekatkan diri kepada Tuhan," pungkas Wakil Wali Kota Jambi itu.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak