alexametrics

Sengat Warga, Tim AR Damkar Kobar Evakuasi Rumah Tawon Vespa Aspinis

loading...
Sengat Warga, Tim AR Damkar Kobar Evakuasi Rumah Tawon Vespa Aspinis
Tim Animals Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng berhasil mengevakusi rumah tawon jenis Vespa Aspinis (tawon ndas) yang sudah seringkali menyengat warga hingga demam. Foto iNews TV
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Tim Animals Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng berhasil mengevakusi rumah tawon jenis Vespa Aspinis (tawon ndas) yang sudah seringkali menyengat warga hingga demam. Rumah tawon berbahaya ini berada di atap rumah Mardiansyah, warga Jalan Sirajul Huda, RT 02, RW 01, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai.

“Kami menerima laporan pada Senin siang, namun baru kita evakuasi pada Senin malam sekira pukul 20.30 WIB dan selesai pukul 22.30 WIB. Rumah tawon yang terbuat dari tanah itu sudah lumayan besar, diameter sudah sekitar 40 cm dan sudah menggumpal,” ujar Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bidang Damkar dan Satpol Kobar, Kaboel Suhartono kepada MNC Media, Selasa (16/7/2019).

Menurut Kaboel, sejumlah warga setempat sudah pernah tersengat tawon ndas tersebut dan efeknya sangat parah, korban demam cukup tinggi.



“Diperkirakan rumah tawon iti dibuat 4 bulan nan berjalan. Jika dibiarkan bisa semakin membesar dan semakin banyak tawon yang ada di rumah itu. Untuk itu harus segera dievakuasi,” timpalnya.

Dia mengatakan, untuk mengevakuasi rumah tawon tersebut, petugas menggunakan unit firedome 08 dengan helm yang di depannya ada jaring. “Alhasil proses evakuasi berjalan lancar dan rumah tawon berhasil dirusak dan tawon berhamburan,” ujarnya.

Kaboel menambahkan, jika warga mengetahui ada sarang tawon di sekitar rumah atau ada gangguang binatang bisa menghubungi.
DAMKAR KOBAR
PEMADAM KEBAKARAN & PENYELAMATAN
Emergency Call 1x24 Jam :
Telepon :
(0532) - 22008
(0532) - 6612852
Whatsapp :
0812-9046-1661
Twitter : @DamkarKobar
Facebook : Damkar Kobar
Instagram : @damkarkobar
Youtube : Damkar Kobar
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak