alexametrics

KNKT Investigasi Kapal Tabrak Crane di Pelabuhan Tanjung Emas

loading...
KNKT Investigasi Kapal Tabrak Crane di Pelabuhan Tanjung Emas
Kondisi container crane (CC) yang hancur ditabrak kapal pengangkut peti kemas di Terminal Peti Kemas (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto/iNews TV/Taufik Budi
A+ A-
SEMARANG - Komite Nasional Keselamatan Transportas (KNKT) diterjunkan untuk melakukan investigasi kecelakaan kapal MV Soul of Luck yang menghantam container crane di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Meski demikian, kapal bermuatan peti kemas itu segera melanjutkan perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur.

“Rencana KNKT juga akan turun. Tadi informasi jam 2 siang (Senin 15 Juli) tiba di sini. KNKT akan datang menangani kejadian (kecelakaan) ini,” kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang Ahmad Wahid, Senin, 15 Juli 2019.



Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menyebut kapal tersebut tetap akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya meskipun tim KNKT tiba di Semarang. Mesin kapal yang semula tidak berfungsi ketika hendak bersandar, kini juga telah kembali normal.

“Justru kapal ini sekarang sudah ingin jalan ke Surabaya, tujuan selanjutnya ke Surabaya. Kapal ini dijadwalkan (berangkat) Senin pagi tadi mestinya,” kata dia.


“KNKT ini akan meneliti faktor kecelakaannya. Kemudian untuk dievaluasi juga dan memperbaiki di kemudian hari. Kalau mengenai apakah seluruh fungsi mesin dan sebagainya itu berfungsi normal? Itu dari pihak agen pelayaran yang akan memeriksa semua indikator-indikator,” terangnya.

Kecelakaan yang terjadi pada Minggu, 14 Juli 2019 sekitar pukul 17.00 WIB itu bermula saat kapal MV Soul of Luck hendak bersandar di TPKS. Namun, kapal yang mestinya berjalan memutar sebelum bersandar mendadak di luar kendali sehingga tetap melaju kencang.

Tag boat yang berusaha menarik dengan tali juga gagal mengurangi laju kapal. Bahkan, tali putus hingga kapal tetap melaju hingga menghantam container crane yang di bawahnya terdapat beberapa truk. Seorang sopir menderita luka akibat tertimpa serpihan besi crane.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak