alexametrics

Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik

loading...
Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik
Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Minggu (14/7/2019) sekitar pukul 16.10 WIB. Foto/Istimewa
A+ A-
HALMAHERA SELATAN - Gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Minggu (14/7/2019) sekitar pukul 16.10 WIB. Dilaporkan sejumlah saksi mata gempa menimbulkan kepanikan warga dan kerusakan bangunan.

Info dari Kasmet Labuha Via hanphone di Kota Labuha masyarakat panik dan mengungsi ke tempat ketinggian. Di pusat gempa di daerah Gane dilaporkan ada beberapa rumah roboh.

“Gempa dirasakan kuat di Kabupaten Halmahera selatan Selama 2-5 detik dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah,” kata Staf BPBD Kabupaten Halmahera Selatan, Iksan Subur.



Pusat gempa berada di 0.59 LS dan 128.06 BT pada kedalaman 10 Km. Lokasi gempa berada sekitar 62 Km Timur Laut Labuha, Maluku Utara; 104 Km Tenggara Weda, Maluku Utara.
Gempa Halmahera Selatan Bikin Warga Panik


Kepala Bidang Informasi gempabumi dan Peringatan Dini tsunami, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan dii daerah Obi V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), Labuha III MMI, Manado, Ambon II-III MMI, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong, Bolaang Mongondow II MMI.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak