alexametrics

Wakil Wali Kota Banjarbaru Menerima Penghargaan Bhakti Koperasi 2019

loading...
Wakil Wali Kota Banjarbaru Menerima Penghargaan Bhakti Koperasi 2019
Wakil Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Darmawan Jaya menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kamis (11/7/2019) malam.
A+ A-
PURWOKERTO - Wakil Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Darmawan Jaya menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Puspayoga memberi penghargaan kepada Koperasi Berprestasi, serta Bakti Koperasi dan UKM tahun 2019. Penghargaan diberikan sebagai bagian dari rangkaian Hari Koperasi Nasional ke-72 yang puncak peringatannya diadakan di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2019) malam.

Menurut Darmawan, peran serta kepala daerah sangat penting dalam mendorong, menyemangati dan membina melalui dinas teknis. Pembinaan ini, kata dia, telah mengubah koperasi di Banjarbaru menjadi lebih sehat dan berprestasi.

“Banyak koperasi yang tadinya tidak sehat menjadi sehat, tadinya tidak RAT akhirnya RAT setelah mendapat pembinaan,” kata Darmawan Jaya.

Terdapat 110 penerima penghargaan yang terdiri dari dua kategori, yakni Koperasi Berprestasi diberikan kepada 52 koperasi penerima dan penghargaan Bakti Koperasi dan UKM kepada 68 kepala daerah/dinas Koperasi dan UKM atau tokoh penggerak koperasi.

Deputi Kelembagaan Kemenkop dan UKM Untung Tri Basuki mengatakan, pemberian penghargaan kepada Koperasi Berprestasi merupakan bentuk apresiasi atas kinerja yang dicapai koperasi, memberikan motivasi kepada koperasi untuk menjadi lebih baik dan sekaligus meningkatkan citra baik perkoperasian di mata masyarakat.

“Persyaratan dan aspek-aspek penilaian Koperasi Berprestasi meliputi tiga aspek, yakni aspek kelembagaan, aspek usaha dan aspek keuangan,” kata Untung.

Sedangkan Tanda Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM diberikan dengan tujuan memotivasi para kepala daerah, ASN, tokoh gerakan koperasi dan UKM, tokoh masyarakat, maupun instansi terkait untuk memberikan perhatian lebih dan kesungguhan dalam memberdayakan koperasi dan UKM di tempat tinggal mereka.

“Syaratnya memiliki integritas moral dan keteladanan, berjasa terhadap bangsa dan negera khususnya melalui koperasi dan UKM, aktif dalam memimpin atau mendorong peningkatan dan pengembangan koperasi dan UKM, serta berjuang dalam mewujudkan KUMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional,” ujar Untung.

Selain Darmawan Jaya, penerima penghargaan tersebut antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
(akn)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak